Pengaruh model master terhadap peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa tunarungu / Anahlifina Firdaus

Firdaus, Anahlifina (2019) Pengaruh model master terhadap peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa tunarungu / Anahlifina Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus, Anahlifina. 2018. Pengaruh Model Master Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi mahasiswa tunarungu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Muhammad Efendi, M.Pd, M.Kes, (2) Drs. Abdul Huda, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Tunarungu, Model Master, motivasi berprestasi Menciptakan suasana kelas yang penuh inspirasi bagi siswa, kreatif, dan antusias merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab seorang guru, hal itu membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas adalah model pembelajaran Master. Model Pembelajaran Master merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang bersifat student centered. Problem yang terjadi adalah subjek berinisial W merasa minder dengan keberadaannya di kelas karena keterbatasan yang dialaminya sebagai seorang tunarungu, sebab subjek merasa hanya dirinyalah mahasiswa disabilitas yang ada di kelasnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk meningkatkan motivasi berprestasi subjek dalam kegiatan perkuliahan dan meyakinkan kepada subjek bahwa seorang dengan disabilitas pun masih bisa berprestasi dan sukses seperti anak-anak pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment dengan bentuk single subject research (SSR) dengan desain multiple baseline cross variable. Pengumpulan data dilakukan selama 2 fase yang terbagi dari fase baseline dan fase intervention. Data yang terkumpul kemudian akan dianalisis dengan menggunakan analisis visual grafik dengan komponen yang ada yaitu mean, level, trend dan latency. Adapun single subject yang diteliti ialah mahasiswa tunarungu di jurusan pendidikan luar biasa universitas negeri malang. Hasil analisis data menunjukan, bahwa peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa tunarungu pada kondisi baseline pertama (A1) rendah, karena kecenderungan arah grafik menurun dengan mean level sebesar 50%, peningkatan motivasi mahasiswa tunarungu pada kondisi intervensi (B) meningkat karena kecenderungan arah grafik meningkat mean level meningkat menjadi 67%, penginkatan motivasi mahasiswa tunarungu pada kondisi baseline kedua (A2) stabil karena kecenderungan arah grafik mendatar dengan mean level 83%, model MASTER berpengaruh terhadap peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa tunarungu dengan data persentase data overlap sebesar 20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9115

Actions (login required)

View Item View Item