Penggunaan permainan puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak tuga grahita kelas III di SLB Putra Idhata Dolopo Madiun / Mulyadi

Mulyadi (2019) Penggunaan permainan puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak tuga grahita kelas III di SLB Putra Idhata Dolopo Madiun / Mulyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyadi. 2018. Penggunaan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Putra Idhata Dolopo Madiun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I)Prof. Dr. Moh. Efendi, M.Pd.,M,Kes (II) Drs. Shodiq, AM, M.Pd Kata Kunci: Permainan Puzzle, Kemampuan Membaca, Tunagrahita Tunagrahita adalah sebutan untuk anak yang memiliki keterbelakangan mental. Anak tunagrahita mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kognitif, motorik, dan perilaku adaptif. Salah satu hambatan dalam perkembangan kognitif pada keterampilan berbahasa, yaitu kemampuan membaca. Dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan aman melalui metode bermain diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak tunagrahita. Tujuan penelitian ini meliputi: I) mendeskripsikan penerapan permainan Puzzle dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SLB- C di SLB Putra Idhata Madiun, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan memhaca permulaan siswa kelas III SLB-C sesudah pencrapan permainan Puzzle di SLB-C Putra Idhata Madiun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK kolaboratif dengan acuan model siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dengan empat indikator kemampuan bahasa dan dokumentasi berupa foto. Analisis data secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan permainan Puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, (2) perolehan presentase hasil keseluruhan siklus I sebesar 7,5% dan perolehun.Presentase hasil keseluruhan siklus II sebesar 13,25% Peningkatan siklus l dan siklus II sebesar5,75%. Saran bagi lembaga SLB Putra Idhata Madiun penelitian ini dapat digunakan sebagai peningkatan mutu pendidikan bagi guru, dapat menerapkan permainan Puzzle sebagai altenatif kegiatan pembelajaran dengan metode dan media yang menarik, efektif, dan efisien. Peneliti selanjutnya agar menambah sampel penelitian dan menggunakan metode dan media penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item