Partisipasi laki-laki dalam program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung / Desita Liliana

Liliana, Desita (2019) Partisipasi laki-laki dalam program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung / Desita Liliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Liliana, Desita. 2019. Partisipasi Laki-Laki dalam Program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Anggaunitakiranantika, S.Sos, M.Sosio. Kata Kunci : Partisipasi laki-laki, Upaya, Program Keluarga Berencana Pengendalian ledakan penduduk guna mengurangi permasalahan kependudukan di Indonesia perlu adanya tindak lanjut dan salah satunya melalui program Keluarga Berencana. Secara umum, penerapan program KB di masyarakat Kecamatan Kedungwaru dalam menggunakan alat kontrasepsi dapat dikatakan telah berhasil, akan tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya yaitu permasalahan mengenai partisipasi laki-laki yang dianggap kurang berperan aktif. Program KB dengan menggunakan bantuan alat kontrasepsi selalu identik dengan perempuan yang menjadi akseptor KB. Bahkan hingga saat ini, perhatian dan pelaksanaan program KB masih cenderung didominasi oleh pihak perempuan. Hal tersebut yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian di Kecamatan Kedungwaru tentang partisipasi laki-laki dalam program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana partisipasi laki-laki dalam program Keluarga Berencana di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (2) Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan keikutsertaan laki-laki dalam program KB di Kecamatan Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif agar peneliti dapat menjelaskan lebih detail dan lebih mendalam dari fenomena yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) bentuk partisipasi laki-laki dalam program KB di Kecamatan Kedungwaru terdiri dari dua bentuk, yaitu partisipasi langsung dengan cara menjadi akseptor KB dan partisipasi tidak langsung seperti memilih kontrasepsi yang cocok untuk istrinya, mengingatkan istri untuk minum pil KB dan kontrol, mengantarkan istri ke fasilitas kesehatan, mencari alternatif lain apabila kontrasepsi yang digunakan terbukti tidak memuaskan dan menggantikan pemakaian kontrasepsi apabila keadaan kesehatan istri tidak memungkinkan. (2) upaya untuk meningkatkan partisipasi laki-laki dilakukan oleh pihak kecamatan, pihak PLKB dan akseptor KB seperti melaksanakan sosialisasi, melaksanakan pertemuan rutin dengan Kepala Desa, melaksanakan program safari gratis, mencari akseptor KB setiap hari, mengajak anggota keluarga untuk berperan aktif menjadi akseptor KB dan memberikan testimoni terkait manfaat KB MOP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91138

Actions (login required)

View Item View Item