Pendidikan adab pernikahan di Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang / Alfanda Rahmatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan adab pernikahan di Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang / Alfanda Rahmatullah

Rahmatullah, Alfanda (2019) Pendidikan adab pernikahan di Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang / Alfanda Rahmatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmatullah Alfanda 2019. Pendidikan Adab Pernikahan di Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Abdul Latif Bustami M.Si Kata Kunci Adab Pernikahan Pendidikan Seks Pesantren Remaja Putra Pendidikan seks merupakan sebuah upaya yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar organ reproduksi berdasarkan moral etika dan norma yang berlaku di masyarakat agar tidak terjadi penyalahgunaan organ reproduksi tersebut. Pendidikan seks penting diberikan terutama semenjak dini terhadap remaja karena pada usia remaja terjadi rasa ingin tahu yang tinggi dan sebagai bentengnya adalah berupa pendidikan seks. Salah satu pendidikan seks yang bisa diberikan dan telah diberikan di pondok pesantren adalah mengenai pendidikan adab pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan adab pernikahan yang diberikan di Pondok Pesantren Anwarul Huda Kota Malang dan seksualitas para santrinya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Pondok Pesantren Anwarul Huda dalam memberikan materi adab pernikahan sebagai pendidikan seks terhadap santrinya (2 ) Bagaimana perilaku (pola dan karakteristik) para santri putra dalam upaya mengatasi hawa nafsu seks di lingkungan Pondok Pesantren Anwarul Huda Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan jalan observasi wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di lingkungan Pondok Pesantren Anwarul Huda Kelurahan Karangbesuki Kota Malang. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah melalui pengecekan kepercayaan (credibility) keteralihan (transferability) ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pondok Pesantren Anwarul Huda menggunakan kitab Fathul Qorib dan Fathul Mu in untuk memberikan pengajaran mengenai pendidikan adab pernikahan dengan tambahan kitab Uqudullujjaini yang diberikan pada bulan ramadhan (2) Tambahan untuk kitab Qurrotul U yun diberikan bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan (3) Kitab Fathul Qorib Satu diberikan untuk kelas satu wusto Fathul Qorib Dua untuk dua wusto dan Fathul Mu in untuk ulya (4) Membicarakan mengenai seks di lingkungan pondok pesantren masih dirasa cukup tabu dan belum menjadi perhatian khusus karena merupakan ranah private. (5) Perilaku santri putra sebagai bentuk candaan yang menyinggung masalah seks adalah dengan memegang pantat teman memeluk dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91132

Actions (login required)

View Item View Item