Perubahan sosial masyarakat Kelurahan Kanigoro setelah perpindahan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar / Dea Amalia Fitriani

Fitriani, Dea Amalia (2019) Perubahan sosial masyarakat Kelurahan Kanigoro setelah perpindahan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar / Dea Amalia Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani, Dea Amalia. 2019. Perubahan Sosial Masyarakat Kelurahan Kanigoro Setelah Perpindahan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si Kata Kunci: perubahan sosial, perubahan ekonomi, Kabupaten Blitar Kabupaten Blitar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang kini sedang melakukan pembenahan di wilayahnya yaitu pemindahan pusat pemerintahan. Adapun dasar pemindahan Ibu Kota Kabupaten Blitar dari wilayah Kota Blitar ke Kecamatan Kanigoro, yaitu (i) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Blitar Ke Wilayah Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur (ii) Peraturan Daerah Kabupaten Blitar Dari Wilayah Kota Blitar Ke Wilayah Kecamatan Kanigoro. Berkaitan dengan adanya Pemindahan Ibukota pemerintahan dari satu kawasan ke kawasan lain, tentunya akan memberikan dampak terhadap perubahan ekonomi dan sosial di daerah lingkungan sekitar pusat Ibukota Pemerintahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perubahan sosial dan perubahan ekonomi masyarakat Kelurahan Kanigoro sebelum dan sesudah berpindahnya kantor Pemerintah Kabupaten Blitar ke Kelurahan Kanigoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam metode penelitian kualitatif terdapat tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan yaitu teori pilihan rasional James S. Coleman. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dengan berpindahnya kantor Pemerintah Kabupaten Blitar ke Kelurahan Kanigoro, masyarakat Kanigoro belum menunjukkan adanya perubahan yang begitu tajam. Dalam aspek perubahan sosial, masyarakat tetap harmonis walaupun muncul konflik antara pedagang dan pihak pengelola Kantor Kabupaten Blitar karena masalah sampah namun hal tersebut sudah dapat diselesaikan. Selain itu dalam aspek perubahan ekonomi, dengan berpindahnya kantor Pemerintah Kabupaten Blitar ke Kelurahan Kanigoro menjadikan banyak lapangan pekerjaan baru, mudahnya memperoleh pekerjaan, nilai investasi meningkat, dan perputaran ekonomi di Kelurahan Kanigoro menjadi lebih berkembang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan berpindahnya kantor Pemerintah Kabupaten Blitar ke Kelurahan Kanigoro membawa perubahan bagi masyarakat baik perubahan sosial maupun ekonomi walaupun perubahan tersebut belum cukup pesat. Penulis berharap pemerintah Kabupaten Blitar juga ikut serta dalam meningkatkan sumber daya manusia dengan meningkatkan sarana pendidikan dan giat memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91130

Actions (login required)

View Item View Item