Strategi kepemimpinan kepala SMA Swasta Kertanegara Malang di tengah persaingan pendidikan / Nihayatul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepemimpinan kepala SMA Swasta Kertanegara Malang di tengah persaingan pendidikan / Nihayatul Hidayah

Hidayah, Nihayatul (2019) Strategi kepemimpinan kepala SMA Swasta Kertanegara Malang di tengah persaingan pendidikan / Nihayatul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Nihayatul. 2018. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Swasta Kertanegara Malang di Tengah Persaingan Pendidikan. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Sumartini M.Si. Kata Kunci Strategi Kepemimpinan SMA Kertanegara Malang Persaingan Pendidikan Pendidikan di era modern telah mengalami perubahan dan perkembangan. Sekolah-sekolah sebagai sarana pendidikan menjadi lebih berkembang seiring dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Hal tersebut mengakibatkan timbulnya persaingan antar sekolah dalam usaha memajukan kualitasnya. Sekolah negeri yang mendapatkan tempat lebih dalam pandangan masyarakat dibandingan sekolah swasta menjadi salah satu penyebab banyaknya sekolah swasta yang kalah saing serta kehilangan eksistensi yang dimiliki. Begitu pula yang dialami oleh SMA Kertanegara. Namun SMA Kertanegara mampu mempertahankan eksistensi yang ada sampai saat ini meskipun bukan termasuk sekolah favorit. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi kepemimpinan yang diterapkan SMA Swasta Kertanegara Malang di tengah persaingan pendidikan 2) Faktor apakah yang mendukung dan menghambat kemajuan SMA Kertanegara Malang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan serta triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah SMA Kertanegara Malang antara lain 1) melakukan promosi sekolah yaitu dengan presentasi penawaran gratis biaya sekolah selama satu tahun dan membangun branding sekolah ramah anak. 2) Meningkatkan jumlah siswa dengan membuka kelas jauh dan kelas non regular serta menjalin kerja sama dengan beberapa pihak. 3) memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik. Strategi yang digunakan tersebut juga menjadi faktor pendukung bagi perkembangan SMA Kertanegara. Kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa strategi SMA Kertanegara Malang yang digunakan di tengah persaingan pendidikan cukup memberikan perkembangan bagi sekolah serta mampu menjadi ciri khas sekolah tersebut. Meskipun masih ada beberapa faktor penghambat yang masih menjadi kendala dan butuh penyelesaian. Saran hasil penelitian ini adalah agar strategi yang digunakan lebih dikembangkan dan jangkauan diperluas. Selain itu komunikasi yang intens antara sekolah dengan pihak yayasan sangat penting dalam penyelesaian masalah yang ada serta untuk perkembangan selanjutnya. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengkaji strategi yang digunakan oleh kepala sekolah lainnya dalam mengembangkan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91119

Actions (login required)

View Item View Item