Strategi bertahan hidup Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang bercerai di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang / Nikmatul Jazilah

Jazilah, Nikmatul (2020) Strategi bertahan hidup Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang bercerai di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang / Nikmatul Jazilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jazilah, Nikmatul. 2019. Strategi Bertahan Hidup Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) Yang Bercerai Di Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Anggaunitakiranantika, S. Sos, M. Sosio Kata Kunci : Strategi Bertahan Hidup, Kepala Rumah Tangga Perempuan, Cerai Keluarga adalah suatu kelompok yang direkat oleh ikatan darah, perkawinan, atau adopsi serta tinggal bersama dan setiap anggota keluarga mempunyai hak dan kewajiban, serta peran masing-masing. Banyak ditemukan dalam masyarakat, seorang ibu yang menjadi kepala rumah tangga seperti yang terjadi pada beberapa masyarakat di Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang disebabkan oleh kekacauan dalam keluarga seperti halnya kematian dan perceraian. Peranan perempuan dimasa sekarang sudah tidak lagi dikaitkan dengan kodratnya sebagai perempuan yaitu seorang istri atau ibu rumah tangga yang hanya mengurus rumah tangga saja, namun berperan serta di sektor publik guna memenuhi kebutuhan keluarganya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana makna kepala rumah tangga perempuan yang bercerai (cerai hidup atau cerai mati) bagi anak? (2) Strategi apa yang dilakukan oleh kepala rumah tangga perempuan yang bercerai (cerai hidup atau cerai mati) dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala rumah tangga perempuan yang bercerai untuk mempertahankan kelangsungan hidup keluarganya serta cara ibu dalam memahamkan makna kepala rumah tangga perempuan yang bercerai kepada anak. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Memahamkan makna kepala rumah tangga perempuan kepada anak merupakan beban yang sulit terlebih kepada anak yang tidak terima akan perceraian akan tetapi tidak semua mengalami kesulitan terlebih ketika perceraian dilakukan pada saat anak masih kecil. (2) Kepala rumah tangga perempuan berusaha mencukupi segala kebutuhan keluarga dengan cara memanfaatkan keahlian untuk mendapatkan tambahan pemasukan keluarga dan juga melakukan hutang untuk mencukupi kebutuhan hidup karena latar belakang pendidikan para kepala rumah tangga menjadi pemicu mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91113

Actions (login required)

View Item View Item