Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program keluarga sejahtera di kampung KB kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Joko Adi Prasetyo

Prasetyo, Joko Adi (2020) Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program keluarga sejahtera di kampung KB kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Joko Adi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adi Prasetyo, Joko. 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Sejahtera Di Kampung KB Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Pembimbing :Anggaunitakiranantika, S.Sos, M.Sosio. Kata Kunci: Partisipasi, Program Keluarga Sejahtera, Kampung KB. Kampung KB merupakan salah satu program dari pemerintah yang berada dalam satuan kampung atau RW baik di kota maupun di perdesaan dengan Visi Misi dari program Kampung KB yaitu Penduduk tumbuh seimbang dan mewujudkan pembangunan yang berwawasan kependudukan dan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis mekanisme program pemberdayaan yang ada dalam Kampung KB Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis keadaan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Kampung KB di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Mojosari dan Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Desa Mojosari dan Desa Panggungrejo dipilih karena masyarakatnya masuk dalam 10 kategori kampung KB yaitu: 1. Kumuh 2. Pesisir atau Nelayan 3. Daerah Aliran Sungai (DAS) 4. Bantaran Kereta Api 5. Kawasan Miskin (termasuk Miskin Perkotaan) 6. Terpencil 7. Perbatasan 8. Kawasan Industri 9. Kawasan Wisata 10. Padat Penduduk. Teknik pengumpulan data yang dipilih menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Teori yang digunakan untuk menganalisa adalah konsep teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead dan Herbert Blummer. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya (1) mekanisme program Kampung KB dalam kegiatan pelaksanaan program Kampung KB sudah terbentuk lima kegiatan program pokok Kampung KB yaitu : BKB BKL BKR UPPKS dan PIK-R yang mana program tersebut sudah jadi dalam satu paket program kerja dari DPPKB pusat dan tinggal dijalankan oleh petugas PLKB. (2) Keadaan partisipasi masyarakat Mojosari dan masyarakat Panggungrejo dalam kegiatan program Kampung KB dapat dinilai dari beberapa tahapan; (1)tahap perencanaan, (2)tahap pelaksanaan, (3)tahap evaluasi. Semakin banyak orang yang menjadi peserta aktif dan semakin lengkap partisipasinya, maka semakin bagus dan tercapainya visi dan misi dari dibentuknya program Kampung KB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91106

Actions (login required)

View Item View Item