Upaya komunitas Cemandi Art dalam melestarikan reog Cemandi di Desa Cemandi Kabupaten Sidoarjo / Nadhilah Dwi Yulianita - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya komunitas Cemandi Art dalam melestarikan reog Cemandi di Desa Cemandi Kabupaten Sidoarjo / Nadhilah Dwi Yulianita

Yulianita, Nadhilah Dwi (2020) Upaya komunitas Cemandi Art dalam melestarikan reog Cemandi di Desa Cemandi Kabupaten Sidoarjo / Nadhilah Dwi Yulianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianita Nadhilah. Upaya Komunitas Cemandi Art Dalam Melestarikan Reog Cemandi Di Desa Cemandi Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Latif Bustami M.Si. Kata kunci Upaya Komunitas Cemandi Art melestarikan Reog Cemandi Dalam Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan no 5 Tahun 2017 pasal 1 tentang ketentuan umum yang menjelaskan bahwa pelindungan adalah upaya menjaga keberlanjutan kebudayaan yang dilakukan dengan cara inventarisasi pengamanan pemeliharaan penyelamatan dan publikasi. Maka terbentuklah sebuah komunitas yang dibuat oleh pemuda pemudi dari desa Cemandi dengan harapan makin banyak masyarakat yang mengetahui belajar dan memahami bahwa Reog Cemandi merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang tidak boleh terlupakan. mempunyai inisiatif yang berasal dari rasa gelisah dan semangat melalui media bunyi gerakan dan media sosial dengan maksud mengembangkan seni dan budaya Reog Cemandi hingga di kenal dimana saja. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Upaya Komunitas Cemandi Art dalam Melestarikan Reog Cemandi mendeskripsikan upaya komunitas supaya kesenian Tari Reog Cemandi tetap eksis di era globalisasi dan perkembangan kesenian Reog Cemandi hingga makna simbolis yang terkandung dalam kesenian Reog Cemandi sehingga keberadaanya tetap bertahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dimulai dengan mengumpulkan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk dapat menjaga keabsahan data dilakukan dengan tringulasi data sumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa fokus penelitian yang mengarah pada upaya anggota komunitas Cemandi Art Culture salah satu cara untuk membantu melestarikan kebudayaan yang berada di desa Cemandi khususnya Tari Reog Cemandi yang memiliki makna dan simbol yang menjadi ciri khas Reog Cemandi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91105

Actions (login required)

View Item View Item