Partisipasi tokoh agama (Kristen, Islam, Katolik, Hindhu) dan masyarakat dalam menjalin kerukunan antar umat beragama di Dusun Sumberjo Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri / Dewi Ayu Istiqomah

Istiqomah, Dewi Ayu (2019) Partisipasi tokoh agama (Kristen, Islam, Katolik, Hindhu) dan masyarakat dalam menjalin kerukunan antar umat beragama di Dusun Sumberjo Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri / Dewi Ayu Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Dewi Ayu. 2019. Partisipasi Tokoh Agama (Kristen, Islam, Katolik, Hindhu) dan Masyarakat Dalam Menjalin Kerukunan Antar Umat Beragama di Dusun Sumberjo Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Irawan, M.Hum. Kata Kunci : Partisipasi, Tokoh Agama, Kerukunan Antar Umat Beragama Indonesia merupakan negara dengan beranekaragam atau majemuk. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang multi etnis, budaya, bahasa, dan agama. Agama dan manusia memiliki hubungan yang sangat erat, hakikatnya agama tergolong kedalam struktur sosial karena pada dasarnya agama mempunyai posisi penting dalam masyarakat. Isu-isu pertentangan agama masih kerap dibicarakan, karena merupakan sesuatu yang vital. Dusun Sumberjo merupakan dusun yang memiliki kemajemukan dalam segi agama. Adanya keberagaman agama di Dusun Sumberjo tercipta kerukunan antar umat beragama dalam bermasyarakat. Terciptanya kerukunan antar umat beragama secara tidak langsung dipengaruhi oleh peran tokoh agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana koordinasi para tokoh agama dalam menjalin kerukunan antar umat beragama di Dusun Sumberjo Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, (2) Bagaimana partisipasi atau peran tokoh agama dalam menjalin kerukunan antar umat beragama di Dusun Sumberjo Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Sosial Peter L.Berger dan Luckman. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji dependability. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Koordinasi para tokoh agama dalam menjalin kerukunan antar umat beragama dengan mengadakan Deklarasi Kerukunan Antar Umat Beragama, bertujuan menciptakan kerukunan dan mengantisipasi adanya konflik dan apabila terjadi konflik tokoh-tokoh agama dapat menjadi penengah dan memberikan solusi bagi masyarakat. (2) Partisipasi tokoh agama dalam menjalin kerukunan antar umat beragama dengan cara mengajarkan ajaran agama tentang konsep kerukunan pada umatnya, dan dapat dilihat dalam tahap eksternalisasi atau penyesuaian diri dengan faktor sosial kulturalnya dengan cara menghargai antar warga lintas agama, membantu antar warga lintas agama, gotong royong, anjang sana, ater-ater, nglencer, srawung, rembukan, khotbah jum’at, sembahyangan maupun ikut berpartisipasi dalam perayaan hari besar keagamaan, hajatan, dan selametan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91104

Actions (login required)

View Item View Item