Mantra lintrik: ilmu pengasihan Jawa di Desa Gading Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto / Arman Abdul Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Mantra lintrik: ilmu pengasihan Jawa di Desa Gading Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto / Arman Abdul Rahman

Rahman, Arman Abdul (2019) Mantra lintrik: ilmu pengasihan Jawa di Desa Gading Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto / Arman Abdul Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Arman Abdul. 2019. Mantra Lintrik Ilmu Pengasihan Jawa di Desa Gading Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi M.Si M.Pd. Kata Kunci mantra lintrik dukun Mantra oleh masyarakat juga dikenal sebagai rapalan atau pengucapan dengan tujuan dan maksud tertentu yang bersifat magis salah satu mantra yang terkenal di masyarakat jawa adalah mantra pengasihan ilmu lintrik yang sampai sekarang masih banyak yang menggunakan mantra tersebut. Masyarakat Desa Gading merupakan contoh yang masih mempercayai tentang adanya mantra pengasihan ilmu lintrik terbukti masih banyak diperbolehkannya praktik perdukunan lintrik tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap mantra pengasihan ilmu lintrik (2) Mengapa masyarakat masih menggunakan mantra pengasihan ilmu lintrik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dipilih pada Desa Gading Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi wawancara mendalam serta dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dan disajikan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa (1) masyarakat desa Gading masih banyak yang percaya terhadap mantra pengasihan ilmu lintrik terbukti dengan adanya praktik perdukunan lintrik didesa tersebut. (2) Terdapat berbagai permasalahan yang timbul didalam masyarakat yang tidak dapat diselesaikan dengan akal sehat maka jalan satu-satunya adalah meminta bantuan dukun dalam penelitian ditemukan masih banyaknya orang yang memakai jasa dukun lintrik dengan menanggung berbagai macam permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91103

Actions (login required)

View Item View Item