Agustina, Yuli and Wijijayanti, Trisetia and Winarno, Agung and Rahayu, Wening Patmi (2018) Inovasi model instrumen evaluasi literasi fungsional bisnis dan kewirausahaan bagi pendidikan tingkatmenengah dan perguruan tinggi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).
Text
83709-82033-1-PB.pdf Download (1MB) |
Abstract
Memiliki literasi bisnis dan kewirausahaan yang baik, akan dapat membantu memberikan kesuksesan kepada seseorang dalam mendirikan dan menjalankan sebuah usaha. Pendidikan melalui pembelajaran bisnis dan kewirausahaan, diharapkan menciptakan masyarakat yang melek (literate) terhadap bisnis dan kewirausahaan itu sendiri. Literasi bisnis dan kewirausahaan yang dimaksud adalah kemampuan menggunakan pengetahuan, mengidentifikasi permasalahan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti, dalam rangka memahami dan membuat keputusan tentang bisnis dan kewirausahaan, dan melakukan perubahan tingkat ekonomi untuk kehidupan dari individu itu sendiri. Telah banyak pelatihan-pelatihan ataupun pembelajaran yang memberikan pengetahuan tak terbatas kepada masyarakat tentang bisnis dan kewirausahaan, tetapi tidak ada inovasi model instrumen evaluasi literasi fungsional yang mengukur secara tepat apakah semua pelatihan dan pembelajaran yang telah dilakukan efektif, sesuai dan memang benar-benar menjadi sebuah pengetahuan dasar kuat untuk bagi masyarakat. Agar dapat mengakses tingkat literasi bisnis dan kewirausahaan sebagai hasil proses pelatihan dan pembelajaran seseorang, perlu dikembangkan alat evaluasi untuk hal tersebut sehingga pembelajaran dan pelatihan yang dilaksanakan bisa tepat materi dan tepat sasaran. Penelitian ini memperoleli hasil baihwa evaluasi dalam mata pelajaran ataupun mata kuliah kewirausahaan belumlah mampu mengukur apakah peserta didik sudah memiliki kompetensi dasar sebagai wirausaha atau tidak. Evaluasi yang diberikan oleh pengampu mata pelajaran ataupun mata kuliah kewirausahaan hanya berdasarkan teori yang telah diajarkan (berbasis teori). Terdapat pula informasi bahwa perkembangan ilmu yang sangat pesat pada bidang bisnis dan kewirausahaan baik di pendidikan tingkat menengah maupun pendidikan tinggi yang tidak hanya terbatas di bidang bisnis namun adanya perkembangan di bidang lain untuk peningkatan potensi lokal seperti bidang pariwisata, pertanian, petemakan. Kurikulum saat ini yang ada di pendidikan tingkat menengah perlu di sesuaikan dengan di tingkat perguruan tinggi agar nantinya dapat selaras dalam menghasilkan luaran yang sesuai dengan tujuan dan capaian kurikulum. Sehingga evaluasi ini dibuat untuk mengukur apakah kurikulum dan materi kewirausahaan yang telah diberikan kepada peserta didik sudah tepat.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Laporan Karya Ilmiah FEB |
Depositing User: | Users 237 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 01:30 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 03:04 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
View Item |