Ketangguhan single mother dalam mengurus keluarga (studi kasus di Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik) / Eva Nuruddiana

Nuruddiana, Eva (2019) Ketangguhan single mother dalam mengurus keluarga (studi kasus di Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik) / Eva Nuruddiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuruddiana, Eva. 2019. Ketangguhan Single Mother Dalam Mengurus Keluarga (Studi Kasus Di Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik). Skripsi. Program Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Anggaunitakiranantika, M.Sosio Kata Kunci : Strategi Adaptasi, Single Mother, Keluarga Desa Bunderan terletak di Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dengan jumlah penduduk sebanyak 1.213 jiwa yang terdiri dari 599 jiwa penduduk laki-laki dan 614 jiwa penduduk perempuan. Di Desa Bunderan tersebut terdapat 71 orang janda (single mother) yang ditinggal suaminya meninggal dunia maupun karena bercerai yang harus menjalankan dua peran sekaligus di dalam keluarganya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana starategi adaptasi single mother sebagai orangtua tunggal dalam mengurus keluarga di Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap single mother sebagai orangtua tunggal dalam mengurus keluarga di Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat beberapa strategi adaptasi yang dilakukan oleh single mother dalam mengurus keluarga diantaranya adalah menerapkan sistem demokrasi (saling terbuka) dalam keluarga, menyisihkan sebagian tabungan jika memiliki tabungan lebih, tetap bersyukur dan pasrah dengan keadaan. (2) Persepsi masyarakat terhadap single mother yang menjadi orangtua tunggal dalam mengurus keluarga adalah masyarakat menganggap bahwa single mother tersebut merupakan wanita yang hebat, wanita yang tangguh, wanita yang kuat yang bisa menjalankan dua peran sekaligus di dalam keluarganya yaitu sebagai ibu yang mengurus serta mendidik anak, dan juga sebagai ayah yang menjadi tulang punggung keluarga yang harus bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Masyarakat juga merasa kasihan dan prihatin terhadap single mother yang ada di Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91099

Actions (login required)

View Item View Item