Eksistensi fanatisme suporter perempuan dalam mendukung club sepakbola Arema FC (study kasus Aremanita Klojen Kota Malang) / Lilis Fujiarti

Fujiarti, Lilis (2019) Eksistensi fanatisme suporter perempuan dalam mendukung club sepakbola Arema FC (study kasus Aremanita Klojen Kota Malang) / Lilis Fujiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fuji, Lilis. 2019. Eksistensi Fanatisme Suporter Wanita dalam Mendukung Club Sepak Bola Arema Fc. Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Anggaunitakiranantika, S.Sos, M.Sosio. Kata Kunci : Interaksi, Eksistensi, supoporter Aremanita Partisipasi supporter mempunyai peran penting didalam olahraga sepak bola. Akan tetapi, keberadaan supporter wanita mempunyai peran sendiri untuk menunjukkan eksistensinya dalam club sepak bola arema fc. Aksi dukunganya menjadi bentuk sebuah eksistensi dalam menunjukkan fanatisme terhadap club kebanggaanya . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk Interaksi Sosial Aremanita dalam mendukung club sepak bola Arema Fc. (2) Bagiamana Eksistensi Aremanita saat tergabung di dalam supporter sepak bola Arema Fc. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Validitas dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Bentuk interaksi sosial Aremanita dalam mendukung terdapat hubungan yang baik terhadap kelompok supporter dalam dan supporter luar, Totalitas dan dukungannya yang diberikan melalui sebuah proses intraksi sosial antara anggota supporter yang membawa makna baginya, dan untuk tim kebanggan Arema FC. Tindakan muncul dari pertimbangan atas berbagai hal yang telah diketahuinya untuk menciptakan tingkah laku yang sudah mereka tafsir dan pertimbangkan. (2) Eksistensi Aremanita timbul dan mencakup sebuah kefantikan supporter dengan munculnya beberapa simbol kefanatikan untuk diekspresikan antara lain tour kandang, tato dibadan, fashion casul ,serta masuk didalam kelompok korwil untuk lebih dikenal identitasnya sebagai pendukung sepak bola wanita. Saran diberikan kepada supporter Aremanita untuk lebih menunjukkan fanatisme dengan tindakan yang positif dengan aksi dan kreasinya untuk mengharumkan nama dunia supporter wanita dan berusaha untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan kelompok lain agar tidak terjadi konflik dengan anggota supporter yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91095

Actions (login required)

View Item View Item