Tradisi jujuran dalam adat pernikahan Suku Paser (studi kasus keeksistensian jujuran dalam pernikahan Suku Paser dan Jawa) / Tery Ayudia Dianita

Dianita, Tery Ayudia (2019) Tradisi jujuran dalam adat pernikahan Suku Paser (studi kasus keeksistensian jujuran dalam pernikahan Suku Paser dan Jawa) / Tery Ayudia Dianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dianita, A. Tery. 2019. Tradisi Jujuran dalam Adat Pernikahan Suku Paser (Studi Kasus Keeksistensian Jujuran dalam Pernikahan Suku Paser dan Jawa). Skripsi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si. Kata Kunci : Suku Paser, Jujuran, Pernikahan Masyarakat Paser merupakan salah satu suku bangsa yang hidup di Kalimantan Timur, masyarakat Paser merupakan golongan Melayu Muda dan masyarakat Paser bukan suku bangsa Dayak. Banyak dari masyarakat lain dari luar daerah melakukan transmigrasi di Paser karena memiliki faktor pendorong yaitu adanya tambang batu bara, perkebunan kelapa sawit, karet, perdagangan, dan pegawai negeri sipil yang memungkinkan masyarakat lain khususnya masyarakat Jawa yang melakukan transmigrasi ke wilayah tersebut. Interaksi antar daerah yang berbeda suku ini, dapat menimbulkan pernikahan beda suku dan melestarikan adat pernikahan yang mereka miliki yang dikenal dengan istilah jujuran. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keberadaan tradisi jujuran dalam pernikahan suku Paser dan suku Jawa di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur? (2) Bagaimana tahapan pelaksanaan jujuran dalam pernikahan suku Paser dan suku Jawa di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur? (3) Bagaimana penyesuaian budaya dalam pernikahan suku Paser dan suku Jawa di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Prosedur data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, (1) Keberadaan uang jujuran merupakan uang yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak wanita sebagai pemberian ketika akan melangsungkan pernikahan selain mahar. (2) Serangkaian kegiatan tradisi jujuran yang dilaksanakan suku Paser berupa sake-melamar, pelulung=upacara pernikahan, dan upacara ngeruran. (3) Penyesuaian pernikahan dilaksanakan dengan mengenakan baju pengantin yang disesuaikan oleh keinginan dari kedua belah pihak masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91091

Actions (login required)

View Item View Item