Pengaruh pemanfaatan media sempoa terhadap kemampuan menghitung penjumlahan siswa tunanetra SLB Nur Husnina Kota Madiun / Rakita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media sempoa terhadap kemampuan menghitung penjumlahan siswa tunanetra SLB Nur Husnina Kota Madiun / Rakita Sari

Sari, Rakita (2019) Pengaruh pemanfaatan media sempoa terhadap kemampuan menghitung penjumlahan siswa tunanetra SLB Nur Husnina Kota Madiun / Rakita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Sari Rakita. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Media Sempoa terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan Siswa Tunanetra SLB Nur Husnina Kota Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Ir. Endro Wahyuno M.Si. (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci sempoa menghitung penjumlahan tunanetra. Sempoa adalah alat untuk berhitung dengan sederetan poros berisi manik manik yang dapat digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan pengurangan perkalian pembagian dan akar kuadrat. Sempoa untuk tunanetra dapat dengan mudah dirasakan dengan jari-jarinya sehingga siswa tunanetra tidak perlu melihat dengan matanya untuk membaca sempoa tetapi mereka dapat menggunakan indera perabaannya untuk membaca sempoa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan media sempoa terhadap kemampuan menghitung penjumlahan siswa tunanetra SLB Nur Husnina Kota Madiun. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2. Penelitian diawali dari pengukuran fase baseline 1 sebanyak 3 sesi dalam periode 30 menit/sesi dilanjutkan dengan pengukuran fase intervensi sebanyak 5 sesi dalam periode 30 menit/sesi dan pengukuran fase baseline 2 sebanyak 3 sesi dalam periode 30 menit/sesi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemanfaatan media sempoa terbukti dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan menghitung penjumlahan siswa tunanetra SLB Nur Husnina Kota Madiun. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan hasil overlap 0% . Semakin kecil persentase overlap semakin baik pengaruh intervensi. Kemampuan siswa pada fase baseline-1 Rentang nilai siswa hanya di nilai 40 dan tidak ada perubahan mean level 40. Kemampuan siswa pada fase intervensi rentang nilai siswa 67-73 dengan mean level sebesar 69 4 peningkatan nilai perolehan siswa menunjukkan sudah adanya pengaruh. Kemampuan siswa pada fase baseline-2 rentang nilai siswa 80-87 dengan mean level sebesar 82 3 peningkatan nilai perolehan siswa menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan siswa sudah memenuhi tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item