Fanatisme dalam komunitas penggemar grup idola K-pop BTS Army di Kota Malang / Galuh Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Fanatisme dalam komunitas penggemar grup idola K-pop BTS Army di Kota Malang / Galuh Permatasari

Permatasari, Galuh (2019) Fanatisme dalam komunitas penggemar grup idola K-pop BTS Army di Kota Malang / Galuh Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permatasari Galuh. 2019. Fanatisme Dalam Komunitas Penggemar Grup Idola K- Pop BTS ARMY Di Kota Malang. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Anggaunitakiranantika M.Sosio. Kata Kunci Fanatisme Penggemar K-Pop BTS ARMY Munculnya K-Pop yang tengah digandrungi oleh banyak khalayak di seluruh dunia memunculkan sebuah stereotip fanatis pada sekelompok orang yang cukup terobsesi pada idolanya. Fanatisme mereka terhadap idolanya sering dianggap berlebihan oleh masyarakat umum. Seperti di Kota Malang yang dimana perkembangan kelompok penggemar cukup masiv. Kelompok penggemar yang cukup aktif salah satunya adalah ARMY Malang. Untuk tetap eksis dalam dunia perk-popan di Kota Malang ARMY Malang sering mengadakan beberapa acara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penggemar idol Korea di Kota Malang mengekspresikan fanatisme sebagai penggemar 2) mengapa fanatisme muncul pada diri penggemar idol Korea di Kota Malang 3) bagaimana perilaku penggemar idol Korea di komunitas fandom BTS (ARMY) di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Validitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sedangkan metode analisis data yang digunakan analisis data model Interaktif oleh Miles dam Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggemar K-Pop mengekspresikan rasa suka terhadap idolanya dengan membeli barang-barang seperti album lightstick dan juga memakai atribut disetiap acara K-Pop dilakukan untuk menunjukkan kekompakan dari kelompok penggemar. Selain itu juga terdapat tujuan lain yakni untuk mendukung artis idolanya. 2) munculnya ketertarikan terhadap K-Pop ada yang disebabkan karena teman dan juga karena media sosial. Beberapa penggemar menyatakan bahwa lagu konsep musik video penampilan serta tarian grup-grup K-Pop menjadi daya tari ang menyebabkan mereka mulai mencari tahu hingga menjadi penggemar seperti saat ini. 3) kelompok penggemar BTS yakni ARMY di Kota Malang terkenal cukup aktif. Untuk mempermudah koordinasi atau info mengenai acara baik K-Pop maupun BTS mereka membentuk grup di sosial media whatsapp. Dalam grup ini juga mengkoordinir kegiatan lain seperti stream atau pembelian album dalam jumlah banyak untuk mendukung BTS. Saran peneliti setelah melakukan penelitian adalah sebagai berikut (1) bagi penggemar K-Pop khususnya ARMY untuk selalu mampu mengendalikan diri terlebih ketika bersihtegang dengan kelompok penggemar lainnya. (2) Bagi peneliti lain untuk selanjutnya bisa memperluas subjek penelitian seperti ke orang tua untuk melihat tanggapan mereka memiliki anak yang cukup fanatik menggemari K-Pop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91086

Actions (login required)

View Item View Item