Pemuda dan organisasi: studi realitas kehidupan pemuda berorganisasi di Sebatik Timur, perbatasan Indonesia-Malaysia / Tri Gunawan

Gunawan, Tri (2020) Pemuda dan organisasi: studi realitas kehidupan pemuda berorganisasi di Sebatik Timur, perbatasan Indonesia-Malaysia / Tri Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gunawan, Tri. 2019. Pemuda Dan Organisasi: Studi Realitas Kehidupan Pemuda Dalam Berorganisasi Di Sebatik Timur, Perbatasan Indonesia-Malaysia, Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si, (2) Abdul Kodir, S.Sosio, M.Sosio. Kata Kunci: Motivasi, Hierarki Kebutuhan, Organisasi, Pemuda, Perbatasan Generasi muda merupakan generasi kunci dari setiap proses perubahan sosial di masyarakat. Hal tersebut telah terekam dalam sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Narasi mengenai pemuda tidak akan pernah habis untuk dibahas. Tulisan ini berusaha mengulas bagaimana kehidupan pemuda dalam organisasi di Pulau Sebatik, perbatasan Indonesia-Malaysia. Penelitian ini memuat tiga rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana latar belakang yang mendasari pemuda bergabung dengan organisasi?; 2) Bagaimana manfaat yang dirasakan pemuda setelah bergabung dengan organisasi?; 3) Bagaimana dinamika pemuda dalam berorganisasi? Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam penelitian ini. Berdasarkan tujuanya, penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara terbuka dan mendalam, pengamatan, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk audio maupun foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan pemeriksaan, pemilahan, kategorisasi, evaluasi, perbandingan sintesis, dan komtemplasi data yang dikodekan serta meninjau kembali data mentah yang telah direkam. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, teori, metode, dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bergam latar belakang yang mendasari pemuda di Sebatik bergabung ke dalam organisasi. Beberapa diantaranya adalah rasa penasaran terhadap kegiatan organisasi yang sering dilihat, keinginan untuk menambah ilmu, pengetahuan, dan pengalaman agar masa muda tidak sia-sia, atribut dan identitas keren yang melekat dalam organisasi, tuntutan pekerjaan, hingga keinginan untuk menjadi seperti orang lain. Beberapa manfaat yang didapatkan para pemuda, diantaranya adalah rasa percaya diri yang terbentuk ketika berbicara di depan umum, kemampuan melakukan sesuatu, bertambahnya rasa nasionalisme, dan kesempatan keluar Pulau Sebatik tanpa mengeluarkan biaya. Dinamika yang dihadapi pemuda ketika bergabung dalam organisasi diantaranya adalah penolakan dari orang tua, konflik batin untuk memilih satu kegiatan dari dua organisasi yang berbeda, minimnya dukungan dari sekolah, kurangnya kedisiplinan, dan adanya bentrokan antar organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91030

Actions (login required)

View Item View Item