Studi fenomenologi motif pemilihan pendidikan di sekolah nonformal (studi kasus di PKBM Kartini, Kota Malang, Jawa Timur) / Ika Milany Putri

Putri, Ika Milany (2020) Studi fenomenologi motif pemilihan pendidikan di sekolah nonformal (studi kasus di PKBM Kartini, Kota Malang, Jawa Timur) / Ika Milany Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Milany Putri, Ika. 2019. Studi Fenomenologis Motif Pemilihan Pendidikan Di Sekolah Nonformal (Studi Kasus Di PKBM Kartini, Kota Malang, Jawa Timur), Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs Nur Hadi, M.Pd, M.Si, (2) Abdul Kodir, S.Sosio, M. Sosio. Kata Kunci: Motivasi, Pendidikan, Nonformal, PKBM, Malang Pendidikan merupakan hak mutlak yang dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia. Pendidikan diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan potensi diri yang baik bagi masa depan manusia. Pendidikan nonformal yang ada di Indonesia memiliki banyak jenis salah satunya adalah pendidikan kesetaraan. Penelitian ini akan menjawab beberapa persoalan yang belum dibahas dalam penelitian sebelumnya khususnya membahas mengenai motif pemilihan pendidikan lanjutan dari sekolah formal ke sekolah nonformal. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, diantaranya: 1) Bagaimana motivasi yang membuat masyarakat memilih melanjutkan pendidikan di PKBM Kartini?; 2) Bagaimana proses masyarakat memilih melanjutkan pendidikan lanjutan di PKBM Kartini Kota Malang? Proses penelitian serta penggalian data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka dan mendalam, observasi atau pengamatan dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk rekaman dan foto pada saat kegiatan penelitian tengah berlangsung. Lokasi penelitian ini dilakukan di PKBM Kartini, Kota Malang, Jawa Timur. Analisis data yang digunakan adalah dengan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengujian keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak sebab yang menjadi motif dan tujuan masyarakat untuk memilih melanjutkan pendidikan di PKBM Kartini. Motif sebab yang menjadi alasan masyarakat memilih melanjutkan pendidikan di PKBM Kartini adalah adanya permasalahan yang dialami oleh warga belajar di sekolah formal. Sedangkan motif tujuan yang menjadi alasan warga belajar melanjutkan pendidikan di pendidikan nonformal adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya serta ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Proses warga belajar beradaptasi dengan pendidikannya di PKBM Kartini bukan suatu yang mudah karena terdapat rasa trauma dalam diri warga belajar atas hal yang dialaminya di sekolah formal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91029

Actions (login required)

View Item View Item