Perilaku anak dari keluarga buruh tani dalam keterbatasan ekonomi (studi deskriptif anak buruh tani di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek) / Ade Irma Haryati

Haryati, Ade Irma (2019) Perilaku anak dari keluarga buruh tani dalam keterbatasan ekonomi (studi deskriptif anak buruh tani di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek) / Ade Irma Haryati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Haryati, Ade Irma. 2019. Perilaku Anak Dari Keluarga Buruh Tani Dalam Keterbatasan Ekonomi (Studi Deskriptif Anak Dari Keluarga Buruh Tani Di Kecamatan Pogalan) Skripsi, Program Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Anggaunitakiranantika M.Sosio Kata Kunci : Perilaku Anak, Peran, Keterbatasan Ekonomi, Buruh Tani Perkembangan Ekonomi menjadikan manusia harus cakap dalam bekerja, karena seperti kita ketahui bahwasanya tingkat pesaingan tinggi dan selain itu harus memiliki modal pendidikan yang tinggi. Masyarakat kecamatan pogalan yang notabenya ialah masyarakat agraria memiliki pekerjaan sebagai Buruh Tani, karena pekerjaan tersebut menjadi aset utama utnuk mempertahankan hidup. Sebagai seorang buruh tani dengan upah yang sedikit tentunya memiliki tanggungan seperti menyekolahkan anak, serta membiayai kebutuhan sehari hari, sehingga mengharuskan anggota keluarganya seperti anak mereka juga ikut bekerja. Dengan hal itu anak buruh tani menyikapi hal tersebut dengan berperilaku dengan melakukan perlawanan terselubung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perilaku yang dilakukan Anak buruh Tani dalam keterbatasan Ekonomi?, (2) Bagaimana Peran Anak Buruh Tani dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga? (3) kendala apasaja yang dihadapi oleh anak buruh tani dalam meningkatkan ekonomi keluarga?. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan perilaku yang dilakukam anak buruh tani dalam keterbatasan ekonomi dan untuk mengetahui bagaimana peran anak buruh tani dalam meningkatkan ekonomi keluarga, serta untuk menjelaskan kendala apa saja yang dihadapi oleh anak buruh tani dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di tiga Desa yaitu Desa Ngulan Kulon, Desa Gembleb, dan Desa Pogalan yang terletak di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Perilaku yang ditampilkan anak burh tani dalam keterbatasan ekonomi terbagi dalam tiga masalah pokok diantaranya ialah: perilaku dan sikap pesimis, sikap aktif atau optimis, sikap sederhana yang didalamnya terdapat sikap pasif dan optimis. (2) Peran anak dalam meningkatkan ekonomi disini disebabkan oleh konsep safety first yang dimiliki oleh keluarga Buruh tani, dengan hal itu peran anak yang dulunya berperan dalam ranah domestik menjadi bergeser keranah publik. (3) Kendala yang dihadapi anak buruh tani disini ialah kendala ekonomi, tingkat persaingan tinggi, serta kendala lingkungan sosial seperti teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91027

Actions (login required)

View Item View Item