Pengembangan bahan ajar berlayout majalah berbasis android pada materi gerakan Non Blok dan ASEAN kelas XII SMA Negeri 1 Pandaan / Mochamad Doni Akviansah

Akviansah, Mochamad Doni (2019) Pengembangan bahan ajar berlayout majalah berbasis android pada materi gerakan Non Blok dan ASEAN kelas XII SMA Negeri 1 Pandaan / Mochamad Doni Akviansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Akviansah, Mochamad Doni. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berlayout Majalah Berbasis Android Pada Materi Gerakan Non Blok dan ASEAN Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pandaan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Blasius Suprapta, M.Hum. Kata Kunci: Gerakan Non Blok, ASEAN, majalah, bahan ajar Proses pembelajaran sejarah di sekolah masih menemui berbagai permasalahan. Tidak tanggung-tanggung, permasalahan itu meliputi permasalahan pemilihan strategi pengajaran, metode pengajaran, dan kurangnya pemanfaatan bahan ajar atau media pembelajaran oleh guru. Hal ini membuat siswa mudah merasa bosan dalam pembelajaran sejarah. Beberapa siswa di SMA Negeri 1 Pandaan secara terang-terangan mengungkapkan bahwa cara mengajar guru di SMA Negeri 1 Pandaan cukup membosankan. Penilaian tersebut didasarkan atas metode guru menjelaskan-murid mendengarkan atau biasa disebut ceramah. Selain penggunaan metode ceramah, saat pembelajaran juga jarang sekali memanfaatkan media atau bahan ajar. Pemanfaatan bahan ajar merupakan salah satu cara yang dapat menarik perhatian siswa dan akan membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Namun, membuat atau memanfaatkan bahan ajar merupakan pekerjaan yang sulit sehingga mereka seringkali merasa kesulitan dan terbebani. Alasan itulah yang membuat guru jarang sekali memanfaatkan bahan ajar dalam proses pembelajaran sejarah. Padahal, guru sebenarnya sangat ingin memanfaatkan bahan ajar saat pembelajaran sejarah. Guru menginginkan bahan ajar yang sesuai jaman, yakni bahan ajar yang berbasis android. Keinginan tersebut didasarkan oleh pihak sekolah yang mengijinkan siswa untuk membawa smartphone dan alokasi waktu yang sangat kurang dari KD tertentu dalam kurikulum. Untuk itu, dikembangkan bahan ajar berlayout majalah berbasis android dengan muatan materi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui Gerakan Non Blok dan ASEAN. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa bahan ajar berlayout majalah berbasis android dengan muatan materi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui Gerakan Non Blok dan ASEAN. Pengembangan didasarkan pada masalah yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan observasi dan wawancara. Implikasi dari tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk melihat keefektifan produk yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti yakni model pengembangan dari Thiagajaran, yaitu model pengembangan 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu : define, design, develop, disseminate atau diadaptasi menjadi model 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Produk bahan ajar berlayout majalah berbasis android dengan muatan materi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui Gerakan Non Blok dan ASEAN telah melalui tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari empat tahapan. Tahapan pertama yakni validasi materi dengan hasil validasi menunjukkan persentase sebesar 93,75% dan tergolong dalam kriteria sangat valid. Tahapan kedua yakni validasi media dengan persentase sebesar 96,43% dan tergolong dalam kriteria sangat valid. Tahapan ketiga yakni uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 86% dan tergolong dalam kriteria sangat valid. Tahapan terakhir yakni uji coba kelompok besar dengan presentasi sebesar 86% yang tergolong dalam kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa produk bahan ajar berlayout majalah berbasis android dengan muatan materi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui Gerakan Non Blok dan ASEAN sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran sejarah. Akan tetapi, masih banyak kekurangan-kekurangan yang dapat dikoreksi lebih lanjut untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91026

Actions (login required)

View Item View Item