Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun 2018/2019 / Tryanda Saputro Miftahul Huda

Huda, Tryanda Saputro Miftahul (2019) Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun 2018/2019 / Tryanda Saputro Miftahul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda, Tryanda Saputro Miftahul. 2019. Kreativitas Guru Dalam Mengajar Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun 2018/2019. Malang.Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M. Hum. Kata kunci: Kreativitas, Guru dan Sejarah, Dalam pendidikan di sekolah terdapat proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa dimana terjadi interaksi pendidik kepada peserta didik. Dalam proses belajar mengajar diharapkan tidak terjadi adanya komunikasi satu arah saja, namun antara siswa dan guru sebaiknya melaksanakan komunikasi dua arah sehingga ada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini dibutuhkan juga kreativitas dari guru sendiri untuk membuat siswanya menjadi aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah Guru menjadi faktor yang menentukan mutu pendidikan karena guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Di tangan guru, mutu dan kepribadian peserta didik dibentuk. Karena itu, perlu sosok guru kompeten, bertanggung jawab, terampil, dan berdedikasi tinggi. Kreativitas setiap guru dalam pembelajaran berbeda-beda. Guru Sejarah juga dituntut untuk dapat mengajar dengan baik dan tidak hanya terpaku pada hafalan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengetahuan Guru Sejarah Tentang Materi Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Tahun 2018/2019, (2) Bagaimana Kreativitas Guru Dalam Mengajar Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Tahun 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan guru Sejarah, Observasi dan angket terbuka yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Sejarah di SMA Negeri 1 Sumberpucung yaitu (1) guru sudah cukup memahami materi Sejarah dengan baik baik. Guru menggunakan literatur-literatur berupa buku teks yang diberi oleh Kemendikbud dan didukung buku teks dari penulisannya sendiri. Materi yang dianggap sulit bagi guru yaitu materi yang mengandung kontroversial dan mengenai tokoh-tokoh di Indonesia, (2) guru Sejarah SMA Negeri 1 Sumberpucung memiliki kreativitas dalam mengajar. Presentase kreativitas guru yaitu Bapak Susanto Yunus Alfian 95% sangat kreatif dalam mengajar, Ibu Melaningrum Andarwati 95% sangat kreatif dalam mengajar, Ibu Eka Dian Susanti 95% sangat kreatif dalam mengajar dan Bapak Syamud 80% baik dalam mengajar Sejarah. Hal tersebut ditunjukkan melalui model pembelajaran yang bervariasi, tugas yang beraneka ragam dan teknik penilaian yang menunjukkan bahwa guru bertanggung jawab terhadap profesinya. Dapat disimpulkan bahwa guru Sejarah di SMA Negeri 1 Sumberpucung sudah memahami materi sejarah dengan baik dan memiliki daya kreativitas mengajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91025

Actions (login required)

View Item View Item