Penerapan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X TKJ SMK Nurul Haromain Pujon Malang tahun 2019/2020 / Pebri Ramdani

Ramdani, Pebri (2020) Penerapan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X TKJ SMK Nurul Haromain Pujon Malang tahun 2019/2020 / Pebri Ramdani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramdani, Pebri 2019. Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X TKJ SMK Nurul Haromain Pujon Malang Tahun 2019/2020. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M. Hum. Kata Kunci: Pembelajaran, Deep Dialogue/Critical Thinking. ,Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang berada di bawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dipakai oleh guru di SMK Nurul Haromain cenderung monoton hanya menggunakan ceramah saja sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar criteria minimal nilai. Maka peneliti bermaksud menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana penerapan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking pada mata pelajaran sejarah kelas X TKJ SMK Nurul Haromain” dan “bagaimana penerapan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X TKJ SMK Nurul Haromain”. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah bagaimana guru dapat mengorganisasikan kondisi praktik pembelajaran mereka, dan belajar dari pengalaman mereka sendiri, mereka dapat mencobakan suatu gagasan. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TKJ SMK Nurul Haromain. Pemilihan sampel ini berdasarkan rekomendasi dari guru SMK Nurul Haromain hal ini dikarenakan untuk mata pelajaran sejarah di SMK berdasarkan Kuruikulum 2013 hanya ada di kelas X saja. Data dari penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, ketika dilakukan Pra Tindakan banyak siswa yang tidak tuntas belajar hingga mencapai 12 orang. Jumlah siswa di kelas X TKJ berjumlah 13 orang, rata-rata yang diperoleh adalah 56,15. Sehingga persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa adalah 7,69 %. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,08. Nilai ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 61,53% dari 8 siswa yang memperoleh nilai75, sehingga masih dikatakan belum tuntas atau belum berhasil. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar . Nilai ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 84,61% dari 11 siswa yang memperoleh nilai ≥75. Terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari hasil pre-test ke post-test siklus II. Sehingga penelitian ini berhasil dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91023

Actions (login required)

View Item View Item