Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis after effect pada materi peristiwa menjelang proklamasi dalam pembelajaran sejarah d SMAN 2 Malang / Muhammad Sirril A'la Daroini

Daroini, Muhammad Sirril A'la (2020) Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis after effect pada materi peristiwa menjelang proklamasi dalam pembelajaran sejarah d SMAN 2 Malang / Muhammad Sirril A'la Daroini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Daroini, Muhammad Sirril A’la. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis After Effect Pada Materi Peristiwa Menjelang Proklamasi Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Media pembelajaran, animasi, after effect, sejarah proklamasi Dalam penyampaian materi sejarah di sekolah, media pembelajaran mempunyai peran yang cukup penting untuk menjembatani siswa akan terbatasnya ruang dan waktu. Berdasarkan dari hasil observasi dan wawancara di SMAN 2 Malang menunjukkan setiap siswa diperbolehkan membawa smartphone ketika pembelajaran didalam kelas, tetapi pada kenyataannya smartphone yang dibawa siswa kurang dimaksimalkan penggunaannya dalam menyelesaikan masalah keruangan materi sejarah, penyampaian materi sejarah hanya dilakukan secara lisan oleh guru dan penugasan mengenai rangkuman materi yang telah disampaikan. Hal ini terkesan matapelajaran sejarah hanya membuat siswa sekedar tahu kejadian bersejarah, tidak dapat membantu siswa dalam pembentukan karakter dan motivasi dari pesan yang terkandung pada kejadian terdahulu. Berdasarkan pertimbangan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis After Effect pada Sejarah Indonesia dengan pokok bahasan Peristiwa Menjelang Proklamasi untuk Kelas XI IPS 1. SMAN 2 Malang mempunyai potensi berupa sarana pendukung salain smartphone yaitu juga adanya sound system, Liquid Crystal Dislay (LCD) dan Wireless Fidelity (WiFi) disetiap kelas. Permasalahannya yang muncul dalam penggunaan media pembelajaran yaitu siswa sudah bosan dengan penayangan materi melalui LCD dan browsing materi melalui smartphone, selain itu dari hasil observasi diketahui bahwa siswa kurang mengetahui sumber sejarah yang valid didalam situs internet. Oleh karena itu, sebaiknya pembelajaran sejarah untuk siswa disediakan video animasi yang dapat diputar melalui smartphone dan laptop sesuai dengan sumber yang telah diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitan ini mengadaptasi dari metode penelitan dan pengembangan dari Sugiyono. Metode ini memiliki 10 tahap, namun dalam penelitan ini hanya digunakan 9 tahap. Adapun 9 tahapannya yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon peserta didik dan angket respon guru matapelajaran sejarah. Produk tersebut telah melalui uji coba dengan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan presentase sebesar 86,6% dan 80% dari ahli media. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan presentase sebesa 80% dan 80,75% dari uji coba kelompok besar. Kesimpulan dari hasil presentase diatas yaitu video animasi berbasis After Effect yang dikembangkan valid dan efektif sebagai media pembelajaran. Media yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai solusi penggunaan smartphone dalam pembelajaran untuk siswa, serta dapat menimbulkan pembajaran sejarah yang bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91022

Actions (login required)

View Item View Item