Penggunaan media film "Sang Pencerah" untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 pada mata pelajaran sejarah di SMAN 6 Malang / Vinny Aprilia Pratiwi

Pratiwi, Vinny Aprilia (2019) Penggunaan media film "Sang Pencerah" untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 pada mata pelajaran sejarah di SMAN 6 Malang / Vinny Aprilia Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Vinny Aprilia.2012. Penggunaan Media Film “Sang Pencerah” Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 6 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs.Ari Sapto, M.Hum. Kata kunci : Media film, Minat belajar, dan Pelajaran Sejarah Di awal perubahan paradigma kurikulum 2013 tentunya banyak adaptasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran baik dari segi guru, siswa maupun sarana prasarana yang dimiliki. Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah. Yang banyak mempelajari kisah masa lalu sehingga dalam proses pembelajarannya memerlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran supaya siswa tidak terkesan bosan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 pada mata pelajaran sejarah dan untuk mengetahui penggunaan media film “Sang Pencerah” dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI Matematika Ilmu Alam(MIA) 2 pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang menggunakan teori Miles and Huberman mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing atau verification. Hasil penelitian penerapan media Film “Sang Pencerah” dapat meningkatkan minat belajar Siswa Kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 6 Malang. Menunjukkan bahwa: (1)Siswa menjadi lebih aktif bertanya pada guru terkait materi yang dipelajari. Kegiatan belajar siswa lebih komunikatif dan menyenangkan. Siswa nampak lebih yakin dan bersemangat saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa rerata angket siswa siklus I adalah sebesar 82,77 dan siklus II meningkat adalah 91,14. (2)Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa angket minat belajar mengalami peningkatan sebesar 10,1% sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film “Sang Pencerah” dapat meningkatkan keinginan siswa dalam berminat belajar sejarah di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Malang. Berdasarkan pengamatan pada siklus II diketahui bahwa siswa memiliki minat yang baik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91020

Actions (login required)

View Item View Item