Pengembangan media "Money Book" untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai uang pada siswa tunagrahita sedang Kelas VIII di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Diah Retnowati

Retnowati, Diah (2019) Pengembangan media "Money Book" untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai uang pada siswa tunagrahita sedang Kelas VIII di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Diah Retnowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Retnowati, Diah. 2018. Pengembangan Media Money Book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Uang pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VIII di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes Kata Kunci: Tunagrahita Sedang, Media ÔÇ£Money BookÔÇØ, Nilai Uang. Tunagrahita sedang adalah kondisi individu yang secara signifikan memiliki hambatan intelektual dengan IQ 30-50 dan disertai dengan hambatan dalam penguasaan keterampilan perilaku adaptif. Hambatan intelektual pada anak tunagrahita akan berdampak terhadap rendahnya kemampuan belajar individu, perolehan informasi, proses informasi, dan penerapan pengetahuan baik di sekolah maupun masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran anak tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya untuk memudahkan pemahaman siswa dalam perolehan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media ÔÇ£money bookÔÇØ untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai uang pada siswa tunagrahita sedang kelas VIII.Media ini memuat materi pengenalan nilai uang Rp100,00 sampai dengan Rp100.000,00 disertai dengan cara penulisan lambang bilangan dan cara membaca nilai uang yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tunagrahita. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall dengan langkah-langkah pengembangan produk yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, ujicoba lapangan awal, merevisi hasil ujicoba, ujicoba lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Validasi produk dilakukan melalui penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli praktisi, dan ujicoba kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 98,75%, skor validasi ahli materi 88,75%, dan skor ahli praktisi 96,25%. Sedangkan hasil uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba kelompok diperoleh skor 92% dan ketercapaian KKM berdasarkan hasil posttest sebesar 100%. Hasil pretest 54% dan posttest 91% sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media ÔÇ£money bookÔÇØ terjadi peningkatan kemampuan mengenal nilai uang pada siswa tunagrahita sedang kelas VIII. Berdasarkan hasil ujicoba produk, maka dapat dinyatakan bahwa produk yang dihasilkan valid dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran mengenal nilai uang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang diharapkan untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada kompetensi materi selanjutnya dengan mempertimbangkan karakteristik siswa secara individu dalam penyusunan media, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9102

Actions (login required)

View Item View Item