Penerapan model pembelajaran PASA (Pictures and Student Active) dalam konteks CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2018-2019 / Eko Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran PASA (Pictures and Student Active) dalam konteks CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2018-2019 / Eko Utomo

Utomo, Eko (2019) Penerapan model pembelajaran PASA (Pictures and Student Active) dalam konteks CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2018-2019 / Eko Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Eko. 2019. Penerapan model Pembelajaran PASA (Pictures And Student Active) Dalam Kontek CTL Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Model Pembelajaran PASA Hasil belajar Pembelajaran Sejarah Proses belajar pembelajaran sejarah merupakan bagian dari ilmu pengatahuan umum di dalam mengembangkan konsep-konsep pendidikan sejarah guru harus mampu memperbaiki model pengajaran yang efektif dan efisien sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan lebih mudah dipahami dan dimengerti. Setiap siswa mempunyai berbeda-beda dalam menyerap pelajaran. Ada siswa yang cepat menerima pelajaran yang disampaikan guru dan adapula yang lambat menerima pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran khususnya pada pokok bahasan yang disajikan dalam pembelajaran Sejarah siswa dapat menyerap dan menerima pelajaran jika penggunaan model pembelajaran benar-benar digunakan sebagai alat bantu untuk memperlancar. Hasil belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajar sesuai dengan bobot yang dicapainya. Untuk mengurangi keabstrakan pembelajaran tersebut maka diterapkan model pembelajaran yang lebih inovatif menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang bisa menjawab permasalahan tersebut adalah model pembelajaran PASA (Pictures And Student Active). Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi rumusan masalah peneliti yaitu (1). Bagaimana Pelaksanaan Penerapan model Pembelajaran PASA (Picture And Student Aktif) Dalam konteks CTL bagi siswa dikelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sejarah SMA N 1 Turen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018-2019 (2). Bagaiamana Hasil Belajar Siswa setelah diterapkanya model pembelajaran PASA (Pictures And Student Active) pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMA N 1 Turen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018-2019 Pembelajaran adalah suatu bentuk perwujudan dari manusia itu sendiri dengan keadaan disektarnya. Lembaga pendidikan Terutama guru dengan siswanya harus satu kesatuan dalam bentuk interaksi sosial (Dimyati Mudjiono 2002 297). Menurut Nurhadi (2004 4) pendektan kontekstual merupaakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka seabagai angota keluarga dan masyarakat. Nilai ketuntasan KKM 75 sebanyak 19 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa hasil temuan siklus 1 rata-rata nilai ketuntasan belajar siswa dapat dilihat diperbandingan 74 25 di siklus 1. Sedangkan temuan hasil di siklus 2 terdapat 28 siswa sedangkan tidak tuntas hanya 3 siswa dengan perolehan rata-rata nilai siswa 79 12 di siklus 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91017

Actions (login required)

View Item View Item