Penggunaan media time chart dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2018-2019 / Faizal Prayoga

Prayoga, Faizal (2019) Penggunaan media time chart dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2018-2019 / Faizal Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayoga, Faizal. 2019. Penggunaan Media Time Chart dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata Kunci: PTK, Media Time Chart, Hasil belajar, SMAN 1 Turen, Malang. 2019. Proses pembelajaran di kelas memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Guru hendaknya dapat memilih dan menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan materi atau bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa. Permasalahan dalam pembelajaran sejarah terjadi terutama berkaitan dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang tepat untuk menunjang untuk proses belajar mengajar. Di kelas XI IPS 2 media pembelajaran yang diterapkan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Siswa kelas XI IPS 2 telah memiliki keaktifan yang tinggi dalam pembelajaran, tetapi ketika guru salah dalam pemilihan media belajar menyebabkan beberapa siswa kurang minat belajar sehingga menyebabkan hasil belajar menurun dibawah KKM. Masalah pokok kajian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen melalui penggunaan metode active learning diskusi dan tanya jawab dengan media pembelajaran Time Chart. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara, Dokumentasi, serta Tes Tulis dan Catatan Lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media Time Chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari: (1) Kenaikan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada awalnya siswa tuntas sebanyak 10 siswa atau 33% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 21 siswa atau 67%. Pada siklus 1 siswa tuntas dengan nilai diatas KKM mengalami peningkatan menjadi 19 siswa atau 62% dan nilai yang dibawah KKM berkurang menjadi 12 siswa atau 38%. Pada siklus 2 siswa yang nilainya diatas KKM mengalami peningkatan menjadi 24 siswa atau 77% dan nilai yang dibawah KKM berkurang menjadi 7 siswa atau 23%. (2) Peningkatan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas XI IPS 2 meningkat dari yang sebelumnya sebesar 65, pada siklus 1 naik menjadi 74 dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 79. Hasil tersebut mencapai indikator keberhasilan kinerja sebesar 75%, dan rata-rata nilai kelas sesuai dengan KKM yaitu 75. Saran dalam penelitian ini agar guru dapat mengembangkan model dan metode pembelajaran yang dapat mendorong semangat belajar siswa dan guru perlu menambah wawasan tentang metode-metode pembelajaran yang inovatif. Bagi siswa untuk mampu saling bekerja sama memecahkan masalah dan saling mengajari satu sama lain, serta meningkatkan kemampuan untuk berdiskusi maupun bersosialisasi dan berani mengungkapkan pendapat. Bagi sekolah untuk mengadakan sosialisasi tentang model-model pembelajaran yang efektif kepada guru dan juga meningkatkan fasilitas sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91015

Actions (login required)

View Item View Item