Penerapan model pembelajaran discovery learning melalui media mata uang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X AP SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo 2017-2018 / Sundra Murti

Murti, Sundra (2019) Penerapan model pembelajaran discovery learning melalui media mata uang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X AP SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo 2017-2018 / Sundra Murti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murti, Sundra. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Penggunaan Media Mata Uang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X AP SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo. Skripsi., Jurusan Sejarah, Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Dr. Ari Sapto, M.Hum Kata Kunci: model pembelajaran, discovery learning, mata uang, motivasi belajar siswa,sejarah. Proses pembelajaran sejarah seringkali dihadapkan pada sebuah permasalahan pembelajaran di kelas. Hal ini juga terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan Tamansiswa 1 Kota Probolinggo. Kelas X AP adalah kelas yang paling bermasalah diantara kelas lainnya. Masalah tersebut mencakup beberapa hal seperti siswa mengantuk, sering tidak masuk kelas, dan tidak memperhatikan penjelasan guru ketika pembelajaran berlangsung. Peneliti dan guru pengampu berkolaborasi untuk menyatukan pikiran dan mengkonsep sebuah media yang dan model pembelajaran yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X AP SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Penggunaan Media Mata Uang. Dalam rumusan masalahnya ditekankan pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media mata uang dan peningkatan motivasi belajar siswa dengan tujuan menjelaskan penerapan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media mata uang dalam pembelajaran sejarah serta bagaimana peningkatan motivasi siswa terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran disvovery learning dengan menggunakan mata uang dalam pembelajaran sejarah Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan tujuan peningkatan motivasi belajar siswa. Data peningkatan motivasi belajar siswa diukur melalui angket yang diberikan kepada siswa pada pratindakan dan setelah tindakan. Data proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning melalui Penggunaan media mata uang diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning melalui Penggunaan media mata uang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X AP. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan pada siklus 1 yaitu sebesar 73% menjadi 74,75% Pada siklus 2 motivasi belajar siswa meningkat menjadi 83,5% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning melalui penggunaan media mata uang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti berharap agar model pembelajaran Discovery Learning melalui penggunaan media mata uang ini bisa dipergunakan dan disempurnakan sehingga dapat membuat proses pembelajaran sejarah di kelas menjadi semakin menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91014

Actions (login required)

View Item View Item