Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis appsgeyser tentang pemerintahan Kanjeng Raden Tumenggung Sosrokusumo untuk siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 SMK PGRI 1 Nganjuk / Muhammad Wildan Al Faruq

Al Faruq, Muhammad Wildan (2019) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis appsgeyser tentang pemerintahan Kanjeng Raden Tumenggung Sosrokusumo untuk siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 SMK PGRI 1 Nganjuk / Muhammad Wildan Al Faruq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Al Faruq, Muhammad Wildan. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Appsgeyser tentang Pemerintahan Kanjeng Raden Tumenggung Sosrokusumo untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ)1 SMK PGRI 1 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Yuliati, M.Hum Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, pembelajaran sejarah. Penelitian dan pengembangan ini berdasarkan terbatasnya sumber belajar dan media pembelajaran yang digunakan sekolah. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat melakukan observasi di lapangan bahwa sumber belajar masih sangat minim dalam pembelajaran sejarah. Media pembelajaran mobile learning merupakan suatu hasil dari pengembangan potensi dan masalah yang ada di lapangan, sehingga dikembangkanlah media pembelajaran mobile learning. Mobile learning diharapkan dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa secara mandiri. Mobile learning ini membahas tentang materi Pemerintahan Kanjeng Raden Tumenggung Sosrokusumo yang dilengkapi dengan foto dan gambar yang dapat menunjang pemahaman siswa. Materi yang digunakan disesuaikan dengan KD 3.4 tentang menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa mobile learning dengan materi Pemerintahan Kanjeng Raden Tumenggung Sosrokusumo. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran mobile learning ini telah melalui rangkaian tahapan validasi yang dilakukan oleh para ahli dan juga telah dilakukan uji coba pemakaian guna mengetahui efektivitas dari produk mobile learning. Penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan 10 tahapan metode penelitian dan pengembangan milik Sugiyono yaitu, 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) produksi massal. Mobile learning ini dilengkapi dengan fitur-fitur materi tentang Pemerintahan Kanjeng Raden Tumenggung Sosrokusumo mulai dari biografi sampai awal mula menjadi bupati Kabupaten Nganjuk. Produk mobile learning ini menggunakan teknologi android sehingga memudahkan siswa untuk mengakses melalui smartphone yang dimilikinya secara online. Hasil dari validasi ahli materi, media pembelajaran mobile learning mendapatkan persentase sebesar 96% yang berarti masuk kategori sangat efektif tanpa revisi, sedangkan validasi media mendapatkan persentase sebesar 78% yang berarti masuk kategori efektif tanpa revisi. Pada tahap uji coba produk dilakukan di kelas X TKJ 1 SMK PGRI 1 Nganjuk melalui 2 kali tahapan. Pada tahap pertama uji coba produk kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 85,1% yang berarti masuk kategori sangat efektif dan tanpa revisi, sedangkan pada uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 88,6% yang berarti masuk kategori sangat efektif tanpa revisi. Dari hasil validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning masuk dalam kriteria sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan sebelum melakukan penelitian serupa sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah, melihat kebijakan sekolah apakah boleh membawa handphone ke sekolah dan melihat media apakah yang cocok dikembangkan seiring perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91013

Actions (login required)

View Item View Item