Pengembangan buku suplemen berbasis sejarah lokal masuk dan berkembangnya agama Katolik di Mangarai Flores Barat (1910-1973) untuk peserta didik kelas XI IIS 1 SMAN 1 Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores Barat / Maria Angelika Alexandra Ngamput

Ngamput, Maria Angelika Alexandra (2019) Pengembangan buku suplemen berbasis sejarah lokal masuk dan berkembangnya agama Katolik di Mangarai Flores Barat (1910-1973) untuk peserta didik kelas XI IIS 1 SMAN 1 Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores Barat / Maria Angelika Alexandra Ngamput. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ngamput, Maria Angelika Alexandra. 2019. Pengembangan Buku Suplemen berbasis Sejarah Lokal Masuk dan Berkembangnya Agama Katolik di Manggarai Flores Barat (1910-1973) untuk Peserta Didik Kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores Barat. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Blasius Suprapta, M.Hum. Kata Kunci: buku suplemen, sejarah lokal, Agama Katolik Pembelajaran sejarah akan terkesan lebih bermakna dan mudah dipahami jika mengajarkan sejarah dengan menggunakan pendekatan kontekstual, yakni mengajarkan sejarah dengan menyisipkan materi sejarah lokal atau mengaitkan peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di sekitar lingkungan peserta didik. Namun sumber belajar untuk mengajar sejarah lokal masih kurang, ketersediaan buku sejarah lokal di perpustakaan sekolah dan di perpustakaan daerah masih terbatas. Di SMAN 1 Langke Rembong juga terjadi masalah yang sama, sehingga dibutuhkan sebuah bahan ajar buku suplemen untuk menunjang pengajaran sejarah lokal. Buku suplemen dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Untuk mengatasi sumber belajar dan mengajar sejarah lokal yang belum tercukupi, maka dalam penelitian dan pengembangan ini akan menghasilkan produk berupa buku suplemen dengan materi Masuk dan berkembangnya Agama Katolik di Manggarai Flores Barat (1910-1973) untuk peserta didik kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores Barat. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang mana kesepuluh langkah tersebut telah dimodifikasi peneliti menjadi sembilan langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, tenaga, biaya dan waktu peneliti. Kedelapan langkah tersebut adalah: (1) penelitian dan mengumpulkan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji lapangan (9) revisi produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dari ahli materi dan ahli media, serta angket respon peserta didik terhadap buku suplemen. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk buku suplemen. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk buku suplemen berbasis sejarah lokal valid untuk diujicobakan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata validasi materi 95% dan validasi media 87,5%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan jumlah 10 peserta didik diperoleh nilai persentase 82,75% dan hasil uji lapangan kelompok besar dengan jumlah 36 orang peserta didik diperoleh nilai persentase sebesar 81,54% yang berarti efektif digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa buku suplemen berbasis sejarah lokal masuk dan berkembangnya Agama Katolik di Manggarai Flores Barat (1910-1973) ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91011

Actions (login required)

View Item View Item