Penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan Kelas III SLB Paedagogia Maospati Kabupaten Magetan / Hastin Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan Kelas III SLB Paedagogia Maospati Kabupaten Magetan / Hastin Wilujeng

Wilujeng, Hastin (2019) Penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan Kelas III SLB Paedagogia Maospati Kabupaten Magetan / Hastin Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wilujeng Hastin. 2018. Penggunaan Media Busy Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Kelas III SLB Paedagogia Maospati Magetan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sni. Kata Kunci busy book menulis permulaan tunagrahita ringan Kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Paedagogia Maospati Magetan masih kurang. Pada kegiatan menulis siswa diketahui ada beberapa yang belum bisa menulis siswa hanya merobek buku ketika diberi buku atau lembar kerja dan siswa cenderung pasif. Selain itu guru juga belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa tidak memiliki ketertarikan dalam belajar siswa. Siswa hanya menyalin tulisan dari papan tulis tanpa adanya media. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses penggunaan media busy book terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III SLB Paedagogia Kabupaten Magetan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III SLB Paedagogia Kabupaten Magetan dengan menggunakan media busy book. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action classroom research). Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas III SLB Paedagogia Maospati Kabupaten Magetan yang berjumlah 4 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes tulis dan teknik observasi. Siklus I dilaksanakan pada 16 dan 17 Juli 2018 dan siklus II pada 23 dan 24 Juli 2018. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap kemampuan menulis permulaan siswa. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I bahwa perolehan nilai rata-rata mencapai 61 dan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 73. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 60. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media busy book kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan kelas III SLB Paedagogia Maospati Kabupaten Magetan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item View Item