Penggunaan metode pembelajaran card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB 4 SMK Negeri 6 Malang / Zumrotul Khusnia

Khusnia, Zumrotul (2019) Penggunaan metode pembelajaran card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB 4 SMK Negeri 6 Malang / Zumrotul Khusnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnia , Zumrotul . 2019. Penggunaan metode pembelajaran card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB 4 SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan Sejarah, jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Ari sapto. M.Hum Kata Kunci:metode pembelajaran card sort, hasil belajar, bidang sejarah. Penelitian ini didasarkan pada pengamatan peneliti bahwa siswa di SMK Negeri 6 Malang masih tergolong rendah mengenai pemahaman dan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini difokuskan pada kelas X GB 4 di karenakan berdasarkan keterangan dari guru, kemamapuan siswa mengenai mata pelajaran sejarah tergolong rendah jika dibandingkan kelas lain. Berdasarkan observasi awal dan wawancara kepada siswa, guru lebih sering menggunakan metode pembelajara ceramah, sehingga siswa pasif, hanya mendengarkan dan mencatatat. Hal tersebut mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi dan membuat hasil belajar siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan metode pembelajaran baru yang berinovasi. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu metode pembelajaran card sort, karena metode pembelajaran card sort merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif menemukan, intraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memberi motivasi. Tujuan Penelitian berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB 4 SMK Negeri 6 Malang melalui penggunaan metode card sort dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data hasil penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X GB 4 SMK Negeri 6 Malang dengan jumlah 35 siswa. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, peneliti sebagai observer menggunakan data kualitatif dengan melakukan observasi awal, wawancara, melakukan pengamatan langsung melalui lembar observasi kegiatan siswa dan guru, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjawab masalah yang kedua, peneliti menggunakan alat evaluasi (test) dengan membadingkan hasil belajar siswa pada pelaksanaan pre-test, post-test siklus I dan post test siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran card sort yang dilaksanakan di kelas X GB 4 SMK Negeri 6 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase hasil awal pre-test sebesar 20 % dengan nilai rata-rata 57,71. Presentase pada hasil akhir siklus I sebesar 74,2% dengan rata-rata nilai 72,91 dan taraf keberhasilan baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,5% dengan nilai rata-rata siswa 80,25 dan taraf keberhasilan sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91009

Actions (login required)

View Item View Item