Pengembangan bahan ajar modul tentang nasionalisme Indonesia untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Papar Kediri / Muhammad Hadi Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar modul tentang nasionalisme Indonesia untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Papar Kediri / Muhammad Hadi Sanjaya

Sanjaya, Muhammad Hadi (2019) Pengembangan bahan ajar modul tentang nasionalisme Indonesia untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Papar Kediri / Muhammad Hadi Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sanjaya Muhammad Hadi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Modul Tentang Nasionalisme Indonesia untuk Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Papar Kediri. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci Bahan Ajar Android Nasionalisme Indonesia Pembelajaran Sejarah Keberhasilan proses pembelajaran akan tercapai apabila seluruh komponen saling bekerjasama untuk mencapai tujuan dengan ditunjang oleh pengelolaan yang baik. Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar. Berdasarkan informasi dari guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Papar bahwa bahan ajar yang selama ini digunakan dalam proses pembelajaran sejarah adalah modul cetak seperti buku dari pemerintah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Lembar Kerja Siswa (LKS). Bahan ajar yang selama ini digunakan belum bisa meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran sejarah khususnya materi Nasionalisme Indonesia. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang baru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menciptakan bahan ajar baru yang memanfaatkan teknologi smartphone. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis android tentang nasionalisme indonesia untuk pembelajaan sejarah kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Papar untuk mengukur tingkat pemahaman siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Papar. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis android yaitu model pengembangan Borg Gall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) Reseacrh and Informating Collecting (2) Planning (3) Develope preliminary from of product (4) Preliminary field testing (5) Main product revision (6) Main field testing (7) Operation product revision (8) Operational field testing (9) Final product revision (10) Dissemination and implementtion. Hasil pengembangan produk bahan ajar berbasis android merupakan bahan ajar yang dirancang dalam bentuk satu aplikasi. Bahan ajar berbasis android dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa XI IPS 4 pada materi Nasionalisme Indonesia. Validasi terhadap pengembangan produk didapat hasil dari validasi materi sebesar 93 34% validasi bahasa 80% dan validasi desain bahan ajar sebesar 64 33%. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 94 54% uji coba kelompok besar mendapat persentase 97 57%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis android layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Bahan ajar yang dikembangkan juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test hasil rata-rata nilai pre-test yakni 72 sedangkan untuk post-test rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 81.Oleh karena itu produk bahan ajar berbasis android disimpulkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91006

Actions (login required)

View Item View Item