Pengembangan modul integrasi pop up pada materi tokoh nasional pada masa kolonial kelas XI IIS MA sumber Bungur Pakong Pamekasan / Kutsiyah

Kutsiyah (2019) Pengembangan modul integrasi pop up pada materi tokoh nasional pada masa kolonial kelas XI IIS MA sumber Bungur Pakong Pamekasan / Kutsiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kutsiyah. 2019. Pengembangan Modul Integrasi Pop Up Pada Materi Tokoh Nasional Pada Masa Kolonial Kelas XI IIS MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata kunci: Pengembangan Modul Integrasi Pop Up, Tokoh Nasional pada Masa Kolonial. Bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti adalah Modul Intergrasi Pop Up. Latar belakang pengembangan ini adalah berasala dari potensi dan masalah yang ditemui oleh peneliti di lapangan. Kurangnya bahan ajar dan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran sejarah, bahan ajar yang digunakan kurang inovatif dan kreaif. Sekolah yang dipilih untuk dijadikan penelitian adalah MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan tepatnya dikelas XI IIS 2 yang sebelumnya dilakukann perbandingan angtara kelas IIS 1-4 mana yang lebih layak untuk dijadikan kelas uji coba. Tujuan penelitian pengembangan yang peneliti ingin dicapai adalah menghasilkan Modul Integrasi Pop Up pada materi tokoh nasional pada masa kolonialisme yakni tiga tokoh utama yang diambil antara lain Kapitan Pattimura, Tuanku Imam Bonjol, dan Pangeran Antasari dengan pembahasan Biografi, strategi perjuangannya untuk melawan bangsa barat, dan wafatnya. Materi pengembangan dalam bahan ajar Modul Intergrasi Pop Up berkaitan dengan K.D 3.6 menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengembangan dari Sugiono (2011:298) sesuai dengan kebutuhan yang dikembangkan oleh peneliti berupa Modul Intergrasi Pop Up yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data), (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk masal. Pada tahap validasi ahli materi yang memvalidasi oleh validator materi didapatkan hasil 85% sehingga materi yang terdapat bahan ajar dinyatakan sangat sesuai/layak dengan beberapa kritik dan saran agar penyebutan istilah harus konsisten. Sedangkan pada tahap validator ahli bahan ajar didapatkan hasil persentase sebesar 82,14% dan dinyatakan sangat sesuai dengan kritk dan saran supaya penggunaan gambar diperjelas. Tahap selanjutnya uji coba produk dilakukan dikelas XI IIS 2 MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan dengan uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar. Pada uji kelompok kecil mendapatkan persentase 79% dari angket validasi peserta didik, sehingga dinyatakan sesuai. Sedangkan pada uji coba kelompok besar menghasilkan persentase 88,8% dan dinyatakan sangat sesuai. Bahan ajar Modul Intergrasi Pop Up layak dijadikan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91005

Actions (login required)

View Item View Item