Penerapan sistem among dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X IIS S1 SMA Taman Madya Kota Malang / Yunis Roisatul Magekfiroh

Magekfiroh, Yunis Roisatul (2019) Penerapan sistem among dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X IIS S1 SMA Taman Madya Kota Malang / Yunis Roisatul Magekfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Magekfiroh, Yunis Roisatul. 2019. Penerapan Sistem Among Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas X IIS di SMA Taman Madya Kota Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sejarah, Universitas Negeri Malang. Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Penerapan Sistem Among, Sistem Among, Pembelajaran Sejarah. Kajian ini didasarkan pada pentingnya sistem pendidikan yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan serta kepribadian masyarakat Indonesia. Sistem among merupakan sistem pendidikan yang digagas oleh Ki hajar Dewantara yang digali dari kepribadian dan kebudayaan bangsa. Sistem among dirasa cocok sebagai solusi permasalahan pendidikan di Indonesia pada akhir-akhir ini, yaitu tentang permasalahan kepribadian dan karakter bangsa. Penelitian ini bermaksud menggali sistem among dalam penerapannya saat ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Penerapan sistem among di SMA Taman Madya Kota Malang, dan (2) penerapan sistem among dalam pembelajaran sejarah di SMA Taman Madya Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem among di SMA Taman Madya Kota Malang dan untuk mendeskripsikan penerapan sistem among pada mata pelajaran sejarah di kelas X IIS SMA Taman Madya Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahapan pengumpulan data dimana data bersumber dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber dengan membandingkan dengan sumber, metode, dan teori. Setelah data dikumpulkan dan dicek keabsahannya, peneliti kemudian mereduksi data yang kemudian disajikan yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan sistem among di SMA Taman Madya, secara umum sudah berhasil. Penerapan sistem among di SMA Taman Madya Kota malang salah satunya melalui pendidikan karakter K3TS, kemudian didukung oleh bersinerginya antara wali murid dan sekolah untuk mendukung perkembangan siswa. Sementara itu, penerapan sistem among dalam pembelajaran sejarah belum bisa mencapai tujuan dari pembelajaran sejarah yang tercantum di dalam Permendikbud, No.22 Tahun 2006, namun secara konsep pendidikan karakter dari sistem among sudah berhasil dirterapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketidak tercapainya tujuan pembelajaran tersebut adalah latar belakang pendidikan pamong yang berasal bukan dari disiplin ilmu yang linier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91004

Actions (login required)

View Item View Item