Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sejarah Indonesia kelas X di MA Bahrul Ulum Jatisari Tajinan Malang / Nailul Faidhoh

Faidhoh, Nailul (2019) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sejarah Indonesia kelas X di MA Bahrul Ulum Jatisari Tajinan Malang / Nailul Faidhoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faidhoh, Nailul. 2019. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sejarah Indonesia Kelas X di MA Bahrul Ulum Jatisari Tajinan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci:RPP Sejarah Indonesia, Kelas X, dan Kurikulum 2013 Guru matapelajaran sejarah Indonesia kelas X di MA Bahrul Ulum masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikum 2013 Revisi 2017. Kesulitan guru tersebut yakni dalam mengadaptasi kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan kegiatan literasi dalam pelaksanaan pembelajarannya. Padahal pembelajaran yang berpusat pada peserta didik merupakan prinsip pertama yang harus dipenuhi dalam pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2017. Selain itu, kegiatan literasi juga merupakan ciri utama dalam Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang harus nampak. Jika dikaji kembali pelaksanaan pembelajaran merupakan aktualisasi dari dokumen RPP maka, guna melihat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2017 perlulah dilakukan kajian mengenai kesesuaian RPP berdasarkan kurikulum terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali dengan memperbaiki kualitas RPP berdasarkan Kurikulum 2013. Fokus penelitian ini, yakni untuk melihat kesesuaian RPP sejarah Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 kelas X di MA Bahrul Ulum Jatisari Tajinan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek pada penelitian ini awalnya akan menggunakan empat RPP sejarah Indonesia namun, karena ada satu RPP yang menyalahi aturan dengan mencantumkan dua KD dengan alokasi waktu 16 pertemuan maka RPP yang diteliti hanya terdiri dari tiga RPP. Data yang dikumpulkan, diperoleh melalui wawancara, hasil studi dokumen dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menelaah setiap komponen dalam RPP sejarah Indonsia dengan Kurikulum 2013 kelas X di MA Bahrul Ulum Jatisari Tajinan menunjukkan bahwa RPP1 dengan KD 3.1 dan alokasi waktu 4 JP memperoleh skor 62,8. RPP2 dengan KD. 3.2 dan alokasi 4 JP memperoleh skor 66,2. RPP3 dengan KD 3.4 dan alokasi waktu 8 JP memperoleh skor 65,1. Secara keseluruhan RPP mendapat skor < 70, sehingga dapat disimpulkan bahwa RPP yang telah dirancang oleh guru subjek kurang sesuai berdasarkan Kurikulum 2013. Hasil temuaan peneliti mengungkapkan bahwa ketidak sesuaian RPP tersebut dikarenakan tidak sesuainya beberapa komponen RPP. Komponen-komponen tersebut yakni IPK dan tujuan pembelajaran yang tidak menggunakan kata kerja operasional dan unsur ABCD (audience, behaviour, condition dandegree); materi pembelajaran yang tidak bersifat faktual, konsep/ prinsip dan prosedural; Tidak menggunakan model pembelajaran; media dan alat pembelajaran tidak sinkron; sumber belajar hanya menggunakan buku; dan penilaian belum sepenuhnya memuat HOTS (High Order Thinking Skills).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91001

Actions (login required)

View Item View Item