Pengembangan media History Be Smart (HISBE-SMART) berbasis hybrid app pada materi Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 untuk siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 1 Puri Kabupaten Mojokerto / Restu Agus Baysa

Baysa, Restu Agus (2019) Pengembangan media History Be Smart (HISBE-SMART) berbasis hybrid app pada materi Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 untuk siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 1 Puri Kabupaten Mojokerto / Restu Agus Baysa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Baysa, Restu Agus. 2019. Pengembangan Media History Be Smart (Hisbe-Smart) berbasis Hybrid App pada Materi Konferensi Asia-Afrika Tahun 1955 untuk Siswa Kelas XII IIS 3 SMA Negeri 1 Puri Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum Kata Kunci: media pembelajaran, Hisbe-Smart, Konferensi Asia-Afrika. Teknologi informasi melahirkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan yang dapat digunakan oleh guru dalam memaksimalkan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru dapat memberikan sentuhan teknologi baik pada model, bahan ajar, serta media pembelajaran. Media pembelajaran sejarah bukan saja benda-benda atau dokumen peninggalan sejarah ataupun pelaku sejarah tetapi juga hal-hal lain yang dapat membantu dan memudahkan siswa memvisualkan suatu peristiwa. Salah satu media yang dikembangkan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi sejarah kepada siswa adalah memaksimalkan smartphone yang telah dimiliki oleh mayoritas siswa. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang telah peneliti sebarkan di SMA Negeri 1 Puri, ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran sejarah. Pertama, adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru, kedua, kurangnya pemahaman siswa pada materi Konferensi Asia-Afrika, serta ketiga, dibutuhkannya sebuah media yang sesuai dengan perkembangan zaman atau menggunakan smartphone dalam pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran Hisbe-Smart yang berisi materi tentang sejarah Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, serta mengukur tingkat efektivitas media tersebut. Pengembangan Hisbe-Smart dilakukan melalui tahapan penelitian dan pengembangan prosedural Sugiyono (2017) yang terdiri dari 10 tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; serta (10) produksi massal. Media pembelajaran yang diproduksi pada penelitian dan pengembangan ini adalah media dengan konsep mobile learning. Dikembangkan menggunakan teknologi Hybrid App pada platform android dengan format application package (.apk). Media Hisbe-Smart terdiri dari berbagai fitur yaitu: (1) materi; (2) virtual tour museum Konferensi Asia-Afrika; (3) galeri; (4) ringkasan materi; serta (5) evaluasi. Media Hisbe-Smart memiliki ukuran sekitar 18 megabyte, serta dapat diunduh melalui link tinyurl.com/hisbe-smart. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpukan bahwa media Hisbe-Smart berisi materi Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 sudah sangat efektif digunakan. Hal tersebut dibuktikan tahapan validasi desain, pada tahap validasi materi memperoleh persentase sebesar 89% sedangkan tahap validasi media memperoleh persentase sebesar 93%. Hasil uji coba produk media Hisbe-Smart memperoleh persentase sebesar 88%, serta hasil uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 93%. Oleh karena itu, produk media Hisbe-Smart disimpulkan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91000

Actions (login required)

View Item View Item