Pemanfaatan laboratorium bahasa Arab dan motivasi belajar siswa SMA Raudlatul Muta'allimin Tegalrejo Datinawong Babat Lamongan / Lely Nurmalihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan laboratorium bahasa Arab dan motivasi belajar siswa SMA Raudlatul Muta'allimin Tegalrejo Datinawong Babat Lamongan / Lely Nurmalihah

Nurmalihah, Lely (2010) Pemanfaatan laboratorium bahasa Arab dan motivasi belajar siswa SMA Raudlatul Muta'allimin Tegalrejo Datinawong Babat Lamongan / Lely Nurmalihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurmalihah Lely. 2009. Pemanfaatan Laboratorium Bahasa Bahasa Arab di dan Motivasi Belajar Siswa SMA Raudlatul Muta allimin Tegalrejo Datinawong Babat Lamongan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed (II) Eka Pramono Adi S.IP. M.Si. Kata Kunci Motivasi Pembelajaran Laboratorium Bahasa. Tujuan Pendidikan akan tercapai jika didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai salah satunya adalah laboratorium bahasa. Karena peneliti melihat pemanfaatan laboratorium bahasa dalam proses pembelajaran kurang dioptimalkan padahal keberadaan laboratorium bahasa Arab dapat digunakan sebagai alat belajar yang efektif khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. pembelajaran dengan laboratorium bahasa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan mendiskripsikan gambaran tentang motivasi siswa dalam memanfaatkan laboratorium bahasa. Sedangkan data yang digunakan peneliti adalah data angket dengan sampel SMA Raudlatul Muta allimin Tegalrejo Datinawong Babat Lamongan kelas XI Bahasa yang berjumlah 30 orang. Hasil yang peroleh berdasarkan analisis data yang menggunakan rumus prosentase diperoleh hasil rata-rata prosentase yaitu 90 6 % dan termasuk dalam kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dalam memanfaatkan laboratorium bahasa tinggi. Berdasarkan penelitian disampaikan saran-saran (I) Guru bidang studi bahasa Arab hendaknya lebih mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium bahasa (II) Bagi kepala sekolah hendaknya melengkapi fasilitas-fasilitas yang diperlukan laboratorium bahasa (III) Bagi perancang pembelajaran perlu menyediakan dan melengkapi keperluan buku-buku khususnya bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item