Pengembangan media komik digital interaktif (MITA) untuk meningkatkan hasil belajar terhadap materi kedatangan bangsa Eropa di Nusantara pada kelas X Perbankan 2 SMKN 2 Boyolangu Tulungagung / Nur Wahyu Putra

Putra, Nur Wahyu (2019) Pengembangan media komik digital interaktif (MITA) untuk meningkatkan hasil belajar terhadap materi kedatangan bangsa Eropa di Nusantara pada kelas X Perbankan 2 SMKN 2 Boyolangu Tulungagung / Nur Wahyu Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Media Komik Digital Interaktif (MITA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar terhadap Materi Kedatangan Bangsa Eropa di Nusantara pada Kelas X Perbankan 2 SMKN 2 Boyolangu Tulungagung RINGKASAN Putra, Nur Wahyu. 2019. Pengembangan Media Komik Digital Interaktif (MITA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar terhadap Materi Kedatangan Bangsa Eropa di Nusantara pada Kelas X Perbankan 2 SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci: Media pembelajaran, MITA, Powerpoint, dan hasil belajar. Pembelajaran sejarah di SMKN 2 Boyolangu masih minim dalam menggunakan teknologi dalam pembelajarannya. Penggunaan teknologi terutama gawai masih minim penggunaannya sehingga pembelajaran cenderung menggunakan buku teks. Permasalahan tersebut berimbas pada minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Dampaknya adalah minimnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk Pengembangan Komik Digital Interaktif pada Materi Kedatangan Bangsa Eropa di Nusantara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Perbankan SMKN 2 Boyolangu. Media Komik Digital Interaktif (MITA) merupakan media pembelajaran berupa Komik Digital Interaktif yang dikembangkan menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint. Media komik dirancang untuk memungkinkan adanya respon dari siswa kepada media. Komik ini mengangkat kisah kedatangan Bangsa Eropa di Nusantara sebagai cerita utamanya. Kisah tersebut diilustrasikan menjadi gambar yang terjuktaposisi (posisi berdekatan) dalam urutan tertentu untuk menginformasikan beberapa ide atau mencapai tanggapan estetis dari pembacanya tanpa mengabaikan fakta sejarah di dalamnya. MITA dikembangkan menggunakan metode pengembangan Lee & Owens yang memiliki lima tahapan berupa (1) annalysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. MITA dikembangkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kelayakan produk media pembelajaran yaitu validitas, efektif, dan praktis. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji kefektivan dilakukan dengan mengukur hasil belajar siswa melalui nilai pre-test dan post-test, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh siswa dengan melakukan pengisian angket kepraktisan. Pengujian pada siswa dilakukan melalui dua tahap meliputi uji coba kelompok kecil yang melibatkan siswa Kelas X PBK 1 SMKN 2 Boyolangu sebanyak 9 orang siswa dan uji coba kelompok besar yang melibatkan siswa Kelas X PBK 2 SMKN 2 Boyolangu sebanyak 33 orang siswa. Pengembangan media Media Komik Digital Interaktif (MITA) telah berhasil mengembangkan produk yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Secara keseluruhan produk mendapat persentase kevalidan sebesar 95%. Pada aspek keefektivan produk mendapatkan persentase 89,6 % setelah diujikan pada kelompok besar. Hal itu juga menunjukan bahwa media mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek kepraktisan produk mendapat persentase 91.1% setelah uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut media MITA dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Nur Wahyu Putra, S1 Pendidikan Sejarah vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90999

Actions (login required)

View Item View Item