Pengembangan media pembelajaran explosion history box pada materi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya kelas X AK 1 SMK Negeri 12 Malang / Tita Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran explosion history box pada materi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya kelas X AK 1 SMK Negeri 12 Malang / Tita Rahmawati

Rahmawati, Tita (2019) Pengembangan media pembelajaran explosion history box pada materi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya kelas X AK 1 SMK Negeri 12 Malang / Tita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Tita. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Explosion History Box pada Materi Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya Kelas X AK1 SMK Negeri 12 Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran explosion history box pertempuran surabaya. Di zaman modern saat ini kebanyakan siswa kurang begitu tertarik terhadap pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah di SMK dianggap kurang penting karena siswa SMK lebih memprioritaskan pelajaran yang sesuai dengan jurusan sehingga motivasi belajar sejarah sangat kurang. Kurangnya media pembelajaran menyebabkan pembelajaran sejarah dinilai kurang mendapat perhatian siswa oleh sebab itu peran media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah sangat penting. Materi sejarah dapat disampaikan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah explosion history box. Media pembelajaran ini berbentuk box yang dapat terbelah menjadi empat bagian dan setiap bagian terdapat materi Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan media explosion history box dengan materi Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya untuk siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 12 Malang serta untuk mengetahui efektivitas media apabila digunakan dalam pembelajaran sejarah. Pemilihan kelas X AK 1 karena kelas tersebut memiliki motivasi belajar yang kurang pada matapelajaran sejarah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2015) yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi akhir. Explosion history box adalah sebuah box yang berisi berbagai macam lipatan kertas didalamnya. Explosion history box mempunyai 4 sisi jika tutup boxnya dibuka. Media ini juga dilengkapi dengan materi yang sederhanasehingga dapat mempermudah belajar sejarah siswa. Isi materi mengenai Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang dikemas dengan praktis. Materi yang disajikan meliputi perjuangan rakyat Surabaya pada Agustus sampai November 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat persentase sebesar 88% dan validasi media mendapat persentase sebesar 85%. Kemudian pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 92% dan uji coba kelompok besar mendapat persentase sebesar 93%. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa produk explosion history box sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kenaikan persentase dari hasil uji coba membuat media explosion history box efektif sebagai media pembelajaran karena media ini mengandung unsur permainan yang dapat membantu siswa memahami materi sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90998

Actions (login required)

View Item View Item