Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis go-blink materi Boedi Oetomo masa pergerakan nasional untuk kelas X Produksi E SMKN 4 Malang / Andrik Wijaya

Wijaya, Andrik (2020) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis go-blink materi Boedi Oetomo masa pergerakan nasional untuk kelas X Produksi E SMKN 4 Malang / Andrik Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wijaya,Andrik. 2019.Pengembangan Media Pembelajaran Go-Blink Materi BudiUtomo Masa Pergerakan Nasionaldi Kelas X Produksi E SMKN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. kata kunci:media pembelajaran, Go-Blink, pembelajaran sejarah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran sejarah, menurut hasil observasi di lapangan penggunaan media pembelajaran guru hanya sebatas buku paket sejarah sehingga penulis ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran. Disini Go-Blinkhadir dengan tujuan sebagai media jembatan antara guru dan siswa dalam proses penyampaian pembelajaran.Dimana sebelumnya media hanya sebatas buku paket saja.Pemilihan materi BoediOetomo sendiri didasari oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti dimana kondisi siswa pada saat itu kurang fokus dan kurang konsentrasi pada saat guru menjelaskan materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran Go-Blink dan menguji kelayakan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Tahapan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yaitu(1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal, (4) uji coba lapangan, (5) revisi produk akhir, (6) deseminasi dan implementasi.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket penilaian siswa terhadap media. Tahap validasi materi dan media sendiri divalidasi oleh Bapak Ronal Ridho’i, M.A selaku validator materi dan Bapak Wahyu Djoko Sulistyo, M.Pdselaku validator media. Hasil dari validasi materi sebesar 90% dan hasil validasi media sebesar 81%, kedua hasil validasi menunjukan hasil yang sangat valid. Sedangkan hasil uji kelompok kecil mendapat persentase sebesar 90%, dan uji kelompok besar sebesar 89%, kedua hasil validasi menunjukan hasil yang berbeda dimana terjadi penurunan sebesar 1% , hal ini disebabkan oleh faktor kesehatan siswa yang berbeda beda pada saat media pembelajaran Go-Blink di ujikannamun masih dalam capaian sangat efektif. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Go-Blink sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.Penulis berharap agar media pembelajaran Go-Blink bisa dipergunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90996

Actions (login required)

View Item View Item