Pengembangan media pembelajaran prehistoric cars materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia untuk peserta didik kelas X MA Darun Najah Karangploso Kabupaten Malang / Muhammad Aufa Syuwaifi

Syuwaifi, Muhammad Aufa (2020) Pengembangan media pembelajaran prehistoric cars materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia untuk peserta didik kelas X MA Darun Najah Karangploso Kabupaten Malang / Muhammad Aufa Syuwaifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syuwaifi, Muhammad Aufa. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Prehistoric cards Materi Kehidupan dan Kebudayaan Zaman Prasejarah di Indonesia untuk Peserta Didik Kelas X MA Darun Najah Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Slamet Sujud P.J., M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, prehistoric cards, prasejarah Peran media pembelajaran dapat membuat pelajaran sejarah lebih menarik, serta membantu peserta didik untuk memahami materi sejarah dengan baik. Aspek waktu dan kemampuan berpikir kronologis merupakan bahasan penting dalam pembelajaran sejarah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk serta menguji efektivitas media pembelajaran prehistoric cards dengan materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia untuk kelas X jenjang Sekolah Menengah Atas. Materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia dipilih karena materi ini termasuk materi awal yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik. Guru dalam memberikan materi sejarah harus berusaha meningkatkan minat peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan beragam. Agar peserta didik menyukai pelajaran sejarah tanpa menyadari bahwa mereka sedang menghafal materi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari model prosedural dari Sugiyono dengan sepuluh langkah tahapan. Tahap yang dilaksanakan peneliti adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) rancangan desain, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk uji coba kelompok kecil, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk uji coba kelompok besar. Langkah ke-sepuluh yaitu produksi secara massal tidak dilakukan pengembang karena keterbatasan biaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang diambil dari data kualitatif dan kuantitatif validasi materi, validasi media, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar. Media yang dikembangkan adalah prehistoric cards yang terdiri dari kartu-kartu materi prasejarah Indonesia dalam bentuk cetak dan dilengkapi dengan lembar bagan garis waktu sejarah sebagai tempat menaruh kartu-kartu tersebut. Media berbasis cetak ini digunakan bertujuan agar sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas penunjang media softwere bisa menggunakannya. Berdasarkan uji coba yang dilakukan, media pembelajaran prehistoric cards materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia mendapatkan hasil validasi materi sebesar 92% serta hasil validasi media sebesar 74,5%. Revisi desain dilakukan untuk menambah tingkat kemenarikan media pembelajaran. Kemudian hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase 88,47%. Revisi produk digunakan untuk meningkatkan kemenarikan produk. Hasil uji coba kelompok besar mendapat rata-rata persentase 85,8%. Kajian produk yang telah direvisi menunjukkan bahwa media pembelajaran prehistoric cards materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia layak dan efektif digunakan untuk kelas X jenjang sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA/MAK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90995

Actions (login required)

View Item View Item