Pengembangan media scrapbook pada materi kebudayaan jaman prasejarah di Indonesia untuk siswa kelas x Ips 2 SMA Negeri 1 Tarik kabupaten Sidoarjo / Titin Mustika Arum

Arum, Titin Mustika (2020) Pengembangan media scrapbook pada materi kebudayaan jaman prasejarah di Indonesia untuk siswa kelas x Ips 2 SMA Negeri 1 Tarik kabupaten Sidoarjo / Titin Mustika Arum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arum, Titin Mustika. 2019. Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Kebudayan Zaman Prasejarah di Indonesia untuk Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, scrapbook, pembelajaran sejarah, prasejarah. Sejarah merupakan salah satu matapelajaran yang diajarkan di setiap sekolah. Siswa akan selalu memelajari sejarah pada masa jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah akhir atau menengah kejuruan, namun matapelajaran sejarah mala kurang diminati siswa. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo yang kurang tertarik pada matapelajaran sejarah terutama pada materi prasejarah. Berdasarkan wawancara dengan salah satu siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo yang menuturkan bahwa hal yang mendasari siswa tidak tertarik dengan matapelajaran sejarah adalah kurangnya fasilitas seperti LCD, jarangnya penggunaan media saat proses pembelajaran sejarah, siswa hanya mengerjakan tugas dari guru, dan buku pegangan siswa pada materi prasejarah kurang dilengkapi dengan gambar yang bewarna. Sehingga siswa kesulitan untuk mengetahui kebudayaan pada materi prasejarah. Oleh karena itu, keberadaan media pembelajaran sangat diperlukan. Media scrapbook memberikan alternatif bagi siswa agar lebih tertarik terhadap matapelajaran sejarah. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran scrapbook pada materi kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia untuk siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yaitu, (1) Analysis (menganalisis), (2) Design (merancang), (3) Develop (mengembangkan), (4) Implement (mengimplementasi), dan (5) Evaluate (mengevaluasi). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media scrapbook mengangkat materi hasil kebudayaan pada zaman prasejarah di Indonesia berdasarkan Kompetensi Dasar 3.4 yaitu memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan Pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat. Media scrapbook dinyatakan valid berdasarkan pada hasil validasi materi mendapatkan persentase sebesar 92%, dan hasil validasi media mendapatkan persentase sebesar 94%, sehingga media scrapbook dinyatakan valid dan dapat diujicobakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 93%, dan uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 93%. Sehingga media scrapbook ini dinyatakan sangat efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90994

Actions (login required)

View Item View Item