Pengembangan buku suplemen sejarah K.H. Abdul Wahid Hasyim dalam kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI SMA Wahid Hasyim Krian Sidoarjo / Alfan Hadi Ramadhani

Ramadhani, Alfan Hadi (2020) Pengembangan buku suplemen sejarah K.H. Abdul Wahid Hasyim dalam kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI SMA Wahid Hasyim Krian Sidoarjo / Alfan Hadi Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadhani, Alfan Hadi. 2019. Pengembangan Buku Suplemen Sejarah K.H. Abdul Wahid Hasyim dalam Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas XI SMA Wahid Hasyim Krian. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum. Kata Kunci: Buku Suplemen, K.H. Abdul Wahid Hasyim, valid, dan efektif. K.H. Abdul Wahid Haysim adalah pemimpin agama Islam yang luar biasa yang memainkan peran penting dalam Revolusi Indonesia. Terlepas dari perannya dalam mendirikan Nahdatul Ulama, ia juga meningkatkan nasionalisme dengan memberikan resolusi jihad ketika negara ini bersiap untuk berperang melawan pasukan sekutu pada tahun 1945. Oleh karena itu, ia dianugerahi sebagai pahlawan nasional pada tahun 1964 oleh Ir. Sukarno. Walaupun demikian, tidak banyak siswa di SMA Wahid Hasyim Krian yang tahu banyak tentang Wahid Hasyim. Satu alasan di balik fakta ini adalah tidak adanya tokoh yang menonjol didalam buku paket sejarah kelas 11. Untuk mengungkapkan peran dan kelebihannya, maka perlu menyediakan buku tambahan tentang Tokoh tersebut. Masih banyak siswa khususnya di SMA Wahid Hasyim Krian yang mispersepsi terhadap identitas tokoh pahlawan yang justru diasosiasikan sebagai Presiden ke-4 RI (Abdurrahman Wahid/Gus Dur). Keberadaan buku paket yang digunakan dalam pembelajaran sejarah dan koleksi buku-buku di perpustakaanpun tidak ada yang membahas tokoh K.H. Abdul Wahid Hasyim secara khusus, berdasarkan hal tersebut diperlukan adanya buku suplemen untuk mengatasi permasalahan itu. Sumber belajar tersebut dikembangkan dalam bentuk “Buku Suplemen Sejarah K.H. Abdul Wahid Hasyim”. Penyusunan penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan memakai model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Kelima tahapan ini menjadi akronim bagi model penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas XI SMA Wahid Hasyim Krian. Sebanyak 47 dari siswa XI MIA dan XI IIS. Buku Suplemen Sejarah K.H. Abdul Wahid Hasyim dikembangkan dalam bentuk cetakan. Memiliki diameter format dimensi buku memakai format kertas A5 (14,8 cm x 21 cm) dengan jumlah halaman sebanyak 35 lembar. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk Buku Suplemen Sejarah K.H. Abdul Wahid Hasyim yang memenuhi kriteria valid dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Rincian dari hasil uji coba tersebut adalah sebagai berikut: (1) validasi materi mendapat persentase 95% dinyatakan sangat valid; (2) validasi media/produk mendapat persentase 77% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba kepada siswa melalui dua tahap, yakni uji coba kelompok kecil yang mendapat hasil 88% dan dinyatakan efektif. Uji coba kelompok besar menunjukkan 97% dan dinyakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90992

Actions (login required)

View Item View Item