Pengembangan bahan ajar booklet sejarah lokal perjuangan Letnan Chairoel Hoeda (1945-1946) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI IIS 2 MA Ma'arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan / Moh. Shofil Hidayat

Hidayat, Moh. Shofil (2020) Pengembangan bahan ajar booklet sejarah lokal perjuangan Letnan Chairoel Hoeda (1945-1946) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI IIS 2 MA Ma'arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan / Moh. Shofil Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayat, Moh. Shofil. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Booklet Sejarah Lokal Perjuangan Letnan Chairoel Hoeda (1945-1946) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI IIS 2 MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum Kata Kunci: Bahan Ajar, Booklet, Sejarah Lokal, Letnan Chairoel Hoeda Penggunaan bahan ajar pada proses pembelajaran sejarah sangat dibutuhkan. Pemanfaatan lingkungan sekitar juga dapat digunakan untuk sumber belajar. Berdasarkan informasi dari guru matapelajaran sejarah di MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan didapatkan bahwa hambatan seorang guru dalam mengajar adalah keterbatasan bahan ajar, serta keterbatasan buku-buku penunjang lainnya. Selain masalah tersebut peserta didik sendiri kurang memahami potensi dari sejarah lokal mereka sendiri, yang mengakibatkan kurang efektifnya pembelajaran sejarah. Sehingga dibutuhkan sebuah inovasi dalam mendesain buku yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah. Salah satu inovasi yang dilakukan yaitu dengan membuat bahan ajar booklet sejarah lokal. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar booklet sejarah lokal yang berisi materi tentang perjuangan Letnan Chairoel Hoeda untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI IIS 2 MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar booklet sejarah lokal yaitu model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) Reseacrh and Informating Collecting, (2) Planning, (3) Develope preliminary from of product, (4) Preliminary field testing, (5) Main product revision, (6) Main field testing, (7) Operation product revision, (8) Operational field testing, (9) Final product revision, (10) Dissemination and implementtion. Hasil pengembangan produk bahan ajar booklet sejarah lokal merupakan bahan ajar cetak. Bahan ajar booklet sejarah lokal perjuangan Lernan Chairoel Hoeda dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI II2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Booklet besisi materi perjuangan Letnan Chairoel Hoeda sudah sangat efektif digunakan. Hal tersebut dibuktikan tahapan validasi desain, pada tahap validasi materi memperoleh persentase sebesar 76,66%, sedangkan validasi bahan ajar memperoleh persentase sebesar 96,36%. Hasil uji produk Booklet pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 90,83%, serta hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 94,77%. Bahan ajar yang dike mbangkan juga membantu meningkatkan pemahaman siswa, hal tersebut dibuktikan dengan nilai hasil pre-test dan post-test, hasil rata-rata nilai pre-test yakni 71, sedangkan post-test 81 itu menunjukan adanya peningkatan pada peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar booklet sejarah lokal sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90991

Actions (login required)

View Item View Item