Pengembangan media papan permainan treasure hunter dalam materi tanam paksa pada pembelajaran sejarah Indonesia di SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Muhammad Fajrul Falah

Falah, Muhammad Fajrul (2020) Pengembangan media papan permainan treasure hunter dalam materi tanam paksa pada pembelajaran sejarah Indonesia di SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Muhammad Fajrul Falah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Falah, Muhammad Fajrul. 2019. Pengembangan Media Papan Permainan Treasure Hunter Pada Materi Sistem Tanam Paksa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 1 Purwosari. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Kasimanuddin Ismain, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Permainan, Treasure Hunter, Sistem Tanam Paksa. Perkembangan media saat ini lebih kepada media yang mudah digunakan tanpa melihat karakteristik peserta didik sehingga menimbulkan rasa malas dan bosan. Peserta didik dewasa ini lebih menginginkan media pembelajaran yang dapat menggugah dan menantang dirinya agar lebih mengeksplorasi media untuk mencari materi dalam proses ketercapaian kopetensi. Penggunaan media pembelajaran yang mudah digunakan tanpa melihat karakterisitk peserta didik dapat menimbulkan masalah kebosanan yang mengakibatkan ketidakfokusan peserta didik dalam belajar. Sehingga timbul masalah lain seperti tidur dikelas, mengobrol dengan teman, dan penggunaan gawai yang tidak bijaksana di dalam kelas. Bedasarkan pernyataan diatas, tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui efektifitas produk media papan permainan Treasure Hunter pada materi Sistem Tanam Paksa dalam Pembelajaran Sejarah. Metode yang digunakan peneliti dalam pengembangan media tersebut adalah metode penelitian dan pengembangan yang dikaji oleh Sugiyono, yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5), uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) uji coba produk, (8) revisi desain, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Hasil dari pengembangan media pembelajaran tersebut adalah berupa papan permainan Treasure Hunter yang dapat digunakan sebagai media. Papan permainan tersebut dapat dimainkan oleh 4 pemain, 1 pemain terdiri dari 2-4 orang. Setiap pemain akan mengeksplorasi materi untuk menjawab soal agar dapat memainkan bidak untuk memulai mencari harta, setiap pemain harus menggunakan strateginya untuk menggunakan kartu penunjang agar dapat bertahan dalam alur permainan dan menemukan harta karun tersebut. Hasil analisis uji validasi desain dengan aspek fisik, pendahuluan, pemanfaatan, dan tugas memperoleh angka 95%, menunjukan bahwa media pembelajaran tersebut berdasarkan kriteria diatas telah memenuhi kriteria media pembelajaran yang layak untuk diuji cobakan. Hasil analisis uji coba kelompok kecil dan besar dengan metode pengisian angket memperoleh nilai 85% dan 92% , menunjukan bahwa media pembelajaran tersebut telah berhasil dipraktekan dalam pembelajaran sejarah dikelas, membangkitkan semngat peserta didik dalam belajar sejarah. Berdasarkan hasil data hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media papan permainan Treasure Hunter dapat dikatakan sangat valid atau sangat efektif untuk digunakan pembelajaran sejarah. Saran untuk pengembang berikutnya lebih baik apabila media tersebut dikemas dalam bentuk digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90990

Actions (login required)

View Item View Item