Efektifitas metode sosiodrama dalam peningkatan kemampuan bercerita siswa tunarungu Kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kabupaten Madiun / Dian Indah Fidyaningsih

Fidyaningsih, Dian Indah (2019) Efektifitas metode sosiodrama dalam peningkatan kemampuan bercerita siswa tunarungu Kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kabupaten Madiun / Dian Indah Fidyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fidyaningsih, Indah Dian. 2018. Efektifitas Metode Sosiodrama Dalam Peningkatan Kemampuan Bercerita Siswa Tunarungu Kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi S1 PLB, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Efendi, M.Pd, M.Kes, (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd Kata Kunci: Tunarungu, kemampuan bercerita, sosiodrama Ketidakberfungsian organ pendengaran pada anak tunarungu mengakibatkan terhambatnya perkembangan bahasa dan bicara sehingga anak tunarungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi. Sehubungan dengan hal tersebut siswa tunarungu memerlukan bimbingan dan pengajaran khusus dalam upaya mendapatkan pembelajaran yang konkret, efektif, dan menarik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita sehingga akan mempermudah anak tunarungu dalam menjalin komunikasi dengan sesama. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui gambaran awal kemampuan bercerita siswa tunarungu kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kab. Madiun sebelum diterapkan metode sosiodrama, 2) mengetahui gambaran kemampuan bercerita siswa tunarungu kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kab. Madiun sesudah diterapkan metode sosiodrama, 3) mengetahui efektifitas metode sosiodrama dalam peningkatan kemampuan bercerita siswa tunarungu kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain one group pre test ÔÇô post test dimana dalam penelitian ini hanya terdapat satu kelompok saja tanpa adanya kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata nilai siswa tunarungu kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kab. Madiun pada tahap pre test sebesar 42,5, sedangkan setelah dilakukan intervensi, pada tahap post test perolehan rata-rata nilai siswa tunarungu kelas III di SLB Dharma Wanita Kebonsari Kab. Madiun meningkat sebesar 79,5. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan adanya pengaruh penggunaan metode sosiodrama sebagai bentuk intervensi terhadap kemampuan bercerita. Adapun saran bagi guru dalam penelitian ini adalah agar dalam aktifitas pembelajaran menggunakan metode sosiodrama ini menggunakan media gambar yang berwarna untuk menarik minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item