Nilai pendidikan karakter pada isi prasasti palah 1119 Ṩ sebagai media pendidikan karakter / Luluk Mahmiya

Mahmiya, Luluk (2020) Nilai pendidikan karakter pada isi prasasti palah 1119 Ṩ sebagai media pendidikan karakter / Luluk Mahmiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahmiya, Luluk. 2019. Nilai Pendidikan Karakter Pada Isi Prasasti Palah 1119 Ś Sebagai Media Pendidikan Karakter. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ismail Lutfi, M.A Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, prasasti palah, media penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini didasari oleh masalah kurangnya perhatian masyarakat, terutama guru sejarah terhadap prasasti. Prasasti kurang diberdayakan dalam dunia pendidikan. Prasasti bisa menjadi media dalam pedidikan karakter dengan menggali nilai kehidupan masyarakat pada isi prasasti kemudian dikaitkan dengan nilai pendidikan karakter. Prasasti Palah merupakan tinggalan budaya yang memuat informasi mengenai kehidupan masyarakat dimasa kuno. Informasi-informasi tersebut memuat nilai kehidupan masyarakat masa tersebut. Terdapat nilai-nilai kearifan lokal yang kemudian bisa diterapkan dalam nilai pendidikan karakter. Dengan alasan tersebut Prasasti Palah yang merupakan situs in situ diharapkan bisa dijadikan media pendidikan karakter. Oleh karena itu, penulis tertarik menganalisis nilai pendidikan karakter pada isi Prasasti Palah sebagai media pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan karakter pada isi Prasasti Palah sehingga bisa dijadikan media pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan deskriptif kualitatif ditujukan untuk menganalisis isi Prasasti Palah kemudian mengaitkannya dengan nilai pendidikan karakter dan menjelaskannya secara deskriptif sehingga data yang dihasilkan merupakan data deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan emik yaitu melihat sesuatu secara kasat mata sejauh pemahaman peneliti atau yang tampak apa adanya dan yang bisa dipahami oleh peneliti dari data tekstual alih aksara dan alih bahasa Prasasti Palah. Teknik pengumpulan data yaitu penjajagan meliputi teknik baca dan catat, selain itu juga dilakukan teknik pengumpulan data studi kepustakaan untuk memperoleh data dari literatur terkait dengan topik bahasan. Metode analisis data yang digunakan ialah metode analisis isi kualitatif. Dilakukan pengecekan keabsahan data temuan menggunakan teknik yang disarankan Moelong yaitu 1) perpanjangan keikutsertaan, 2) ketekunan pengamatan 3) triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai pendidikan karakter pada isi Prasasti Palah. Nilai-nilai tersebut yaitu religius; disiplin; kerja keras; demokratis; cinta tanah air; menghargai prestasi; bersahabat/komunikatif; peduli lingkungan; dan tanggung jawab. Prasasti Palah ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai media pendidikan karakter dengan merelevansikan nilai pendidikan karakternya kekonteks kehidupan kekinian. Nilai pendidikan karakter pada isi Prasasti Palah adalah nilai kehidupan masyarakat Kaḍiri pada abad ke 12, tidak semua nilai sesuai dengan konteks kehidupan sekarang di abad 21. Oleh karena itu nilai-nilai dalam isi Prasasti Palah tersebut perlu direlevansikan dengan konteks kehidupan kekinian di abad 21 ini atau bahkan untuk masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90989

Actions (login required)

View Item View Item