Penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 6 SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Rizqi Dian Saputra

Saputra, Rizqi Dian (2020) Penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 6 SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Rizqi Dian Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dian Saputra, Rizqi. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI.IPS 6 SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Metode Card Sort, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Pelajaran Sejarah dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang membosankan oleh sebagian besar siswa. Hal tersebut menurut para siswa dikarenakan metode pembelajaran yang dipakai oleh para Guru dalam mata pelajaran Sejarah sebagian besar merupakan metode konvensional atau hanya berupa ceramah saja, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung lebih pasif. Berdasarkan wawancara dengan bapak Agus Sujarwo, S.Pd selaku guru mata pelajaran Sejarah SMA N 1 Srengat serta hasil dari observasi peneliti, kelas XI.IPS 6 merupakan kelas yang sangat pasif dalam pembelajaran Sejarah. Kurangnya antusiasme siswa terhadap mata pelajaran Sejarah serta kurang adanya variasi metode pembelajaran menjadi pemicu rendahnya nilai Sejarah siswa kelas XI.IPS 6. Oleh karena itu peneliti mengajukan solusi dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Card Sort untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Card Sort merupakan sebuah metode pembelajaran aktif yang memanfaatkan media kartu yang berisi kata tertentu dari materi yang dibahas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI.IPS 6 SMA Negeri Srengat Blitar dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Card Sort. Peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Sementara penerapan metode Card Sort dilaksanakan pada pertemuan kedua setiap siklus, sehingga pengamatan terhadap tingkat keaktifan siswa difokuskan pada pertemuan kedua setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat keaktifan siswa pada siklus I pertemuan kedua sebesar 62,65% sementara nilai rata-rata hasil belajar siswa 83,63 dengan tingkat ketuntasan mencapai 88,57%. Kemudian pada siklus II pertemuan kedua tingkat keaktifan siswa sebesar 94,87% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 90,30 dengan tingkat ketuntasan 100%. Melalui tahapan dua siklus tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas XI.IPS 6 SMA Negeri 1 Srengat. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar peneliti mempertimbangkan keunikan karakteristik setiap kelas yang berbeda sehingga bisa memberikan tindakan yang sesuai dengan permasalahan yang ditemui. Selain itu manajemen waktu juga sangat diperlukan oleh peneliti selanjutnya dikarenakan dalam setiap proses pembelajaran akan selalu terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90987

Actions (login required)

View Item View Item